Connect with us

Nusantara

Wapres Ma’ruf Amin Akan Membuka ASEAN Para Games XI Solo

Avatar

Diterbitkan

pada

Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achiruddin bersama Wakil Wali Kota Solo saat apel siaga jelang opening ceremony APG. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, akan membuka upacara pembukaan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Pembukaan APG akan dilaksanakan Sabtu (30/7/2022) mulai pukul 17.00 WIB.Aparat TNI dan Polri telah menyiapkan pengamanan untuk acara opening ceremony tersebut.

“Sistem pengamanan melibatkan unsur TNI Polri dan unsur terkait. Sebanyak 1.420 personel akan diterjunkan untuk pengamanan acara opening ceremony,” jelas Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achiruddin, seusai memimpin apel gelar pasukan yang diikuti TNI/Polri dan Instansi terkait di Lapangan Parkir Stadion Manahan Surakarta, Jumat (29/7/2022).

Menurut Danrem, sistem pengamanan opening ceremony yang dihadiri Wapres tersebut dibuat sesuai dengan aturan dengan melibatkan TNI, Polri dan unsur terkait.

“Untuk unsur TNI melibatkan dari Korem, Kodim, Lanud, unsur lain yang di BKO kan Korem seperti dai Brigif Kostrad maupun Batalyon Raider 400,” jelasnya lagi.

Advertisement

Saat upacara pembukaan APG, pengamanan akan dilakukan mulai dari Lanud Adi Soemarmo Solo dan sepanjang jalan menuju lokasi yakni di Stadion Manahan Solo.

“Kami memastikan keamanan dan kenyamaman semua pihak,” katanya.

Pihak pengamanan juga akan memastikan semua penonton yang akan masuk ke stadion tidak membawa barang-barang yang membahayakan. Seperti kembang api atau petasan dan barang-barang berbahaya lainnya.

Petugas keamanan dari TNI dan Polri akan mengecek semua orang yang masuk secara ketat dan berlapis untuk meyakinkan keamanan dan tidak membawa barang yang dilarang.

Sementara itu Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka membenarkan acara opening ceremony akan dibuka Wapres Ma’ruf Amin.

Advertisement

Dalam acara opening ceremony tersebut akan ditampilkan atraksi tarian nusantara dan pertunjukan lainnya.

“Saya sudah meliht semua venue, dan semuanya sudah siap. Semua negara peserta juga sudah mencoba venuenya,” ujarnya. ***

Lanjutkan Membaca