Home NasionalNusantara Gibran Banyak Mendapat Keluhan Masalah Parkir Liar

Gibran Banyak Mendapat Keluhan Masalah Parkir Liar

oleh Dwipraya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto: Istimewa

FAKTUALid – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku banyak menerima keluhan dari warga terkait masalah parkir liar. Selama ini keluhan yang dilontarkan warga terkait parkir di minimarket maupun di lokasi-lokasi tertentu yang tarifnya tidak wajar.

“Sejauh ini keluhan terbanyak parkir di Indomaret, Alfamart, ATM dan lokasi tertentu yang tarifnya tidak wajar,” kata Gibran kepada wartawan seusai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (1/6/2021) 

Keluhan-keluhan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh OPD (organisasi perangkat daerah) terkait dengan melakukan teguran. Masalah tersebut menjadi pekerjaan rumah (PR) baginya.

“Nanti jadi PR  parkir liar dan pungutan-pungutan parkir yang tidak wajar itu,  komplain terbanyak malah disitu,” katanya lagi.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengaku telah mengumpulkan petugas parkir di Kota Solo untuk dibina. Mereka juga, diberikan arahan agar tidak menaikkan tarif parkir. 

“Parkirnya aja ini mau kita tertibkan lagi, padahal ya sudah kami kumpulin semua itu tukang-tukang parkir atau juru-juru parkir itu,” ujarnya.

Keberadaan juru parkir liar itu juga banyak dikeluhkan warga di kawasan wisata dan rumah makan. Lebih lanjut, Gibran mengatakan tugas juru parkir tidak hanya meminta tarif parkir tetapi juga harus sesuai dengan SOP yang ditetapkan. 

“Harus ada karcisnya, petugasnya harus pakai seragam ketika datang atau ketika pelanggan pergi ya harus ada terus. Helm ya dijaga motornya juga dijaga jangan lepas tanggung jawab itu aja. Kalau lagi hujan atau kalau panas ditutup juga. Tanggung jawab lah, pokoknya win win solution,”  jelasnya.

Sebelumnya di media sosial muncul viral tarif parkir di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Dalam unggahan warga tersebut, tarif parkir di daerah tersebut mencapai Rp 20.000. (Uti Fatinzi) ***

Tinggalkan Komentar