Connect with us

Nasional

Hadiri Upacara HUT RI ke-77, Jokowi Kenakan Baju Adat Buton Sultra

Avatar

Diterbitkan

pada

Jokowi Kenakan Baju Adat Buton Sultra

Hadiri Upacara HUT RI ke-77, Jokowi Kenakan Baju Adat Buton Sultra (Foto: BPMI Setpres)

FAKTUAL-INDONESIA: Pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI pada Rabu (17/08/2022), Presiden RI Jokowi Dodo (Jokowi) terlihat mengenakan baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Baju yang dikenakan Presiden Jokowi berupa jubah panjang warna merah dengan ornamen putih di sepanjang pinggiran jubah. Presiden juga mengenakan celana merah dengan ornamen putih senada.

Baca juga: Pidato Kenegaraan HUT ke-77 RI, Presiden Jokowi Sampaikan Kekuatan Indonesia di tengah Ujian Berat Mampu Subsidi BBM, LPG, dan Listrik

Di dalam jubah merah panjang, Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih gading berhias payet yang tampak harmonis dengan ornamen jubah. Tidak ketinggalan tutup kepala bundar masih dengan ornamen putih dan sarung berwarna cokelat dan putih.

Sebelumnya diketahui Jokowi kerap mengenakan baju adat dalam tiap perayaan HUT kemerdekaan RI. Pada perayaan HUT ke-72 RI pada 17 Agustus 2017 ia mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Advertisement

Pada HUT ke-73 RI pada 17 Agustus 2018, Presiden Jokowi memilih pakaian adat Aceh untuk dikenakan. Selanjutnya pada HUT ke-74 RI tahun 2019, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Provinsi Bali.

Setelah itu, pada HUT ke-75 RI tahun 2020, Kepala Negara mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo. Adapun pada HUT ke-76 RI tahun 2021 lalu, Presiden memilih untuk mengenakan baju adat Pepadun dari Provinsi Lampung.

Baca juga: Peringati HUT RI, KBRI Bandar Sri Begawan Adakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Upacara HUT ke-77 RI diawali dengan kedatangan Presiden RI beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden RI beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin. Acara dilanjutkan dengan tembakan meriam 17 kali, sirene, beduk di masjid-masjid serta lonceng di gereja-gereja.

Lalu acara dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPD-RI Lanyalla Mataliti, mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo, Pembacaan Doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement