Connect with us

Nasional

Jamaah Tareqat Naqsabandiyah Sudah Rayakan Idul Fitri

Avatar

Diterbitkan

pada

Jamaah Tareqat Naqsabandiyah sudah rayakan Idul Fitri 20 April 2023. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Jamaah Tareqat Naqsabandiyah di Kota Padang selalu mengawali puasa lebih awal dan merayakan Idul Fitri lebih awal pula.

Tahun ini, Jamaah Tarrqat Naqsabandiyah di Kota Padang sudah merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah pada Kamis (20/4/2023). Mereka telah melaksanakan salat Idul Fitri di Surau Baru Pauh Kota Padang, Sumatera Barat.

Imam Surau Baru, Zahar di Padang,  Sumatera Barat,  Kamis mengatakan pihaknya telah menentukan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari ini dan langsung melakukan shalat Idul Fitri bersama seluruh jamaah di Surau tersebut

“Satu Syawal sudah masuk dan kita memperhitungkan dengan sistem hisab, rukyat, dalil, itjima dan qiyas dalam menentukan ini,” kata dia.

Menurut dia perhitungan untuk menentukan 1 Syawal menggunakan sistem hisab dihitung dari hari terakhir puasa di tahun lalu dan bertemulah 1 Syawal ini jatuh pada Kamis (20/4/2023).

Advertisement

Kemudian untuk rukyat ini dilakukan dengan cara musyawarah bersama dalam menentukan tanggal 1 Syawal 1444 Hijriah.

“Rukyat ini dilakukan dengan kesepakatan bersama atau baiyo-iyo dan kita menetapkan untuk menggelar Hari Raya hari ini,” kata dia.

Ia mengatakan Jamaah Tareqat Naqsabandiyah sudah tersebar di Sumbar mulai dari Solok, Batusangkar, Payakumbuh, Bukittinggi Pasaman dan lainnya.

“Di Kota Padang sendiri ada di Pauh ini dan Lubuk Kilangan. Semua serentak merayakan Idul Fitri hari ini,” kata dia.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca