Connect with us

Lifestyle

9 Pemandangan Unik Google Earth, Ada yang Indah dan Aneh!

Avatar

Diterbitkan

pada

Pemandangan unik Google Earth

Pentagram raksasa (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Google Earth merupakan salah satu layanan yang menampilkan gambar atau foto Bumi. Diperkenalkan pada 2005, Google Earth kini menjadi salah satu aplikasi paling sering digunakan. Seiring berjalannya waktu, ada banyak pemandangan unik Google Earth yang tertangkap kamera.

Menggunakan citra satelit, para pengguna bisa melihat berbagai keindahan dan keanehan alam yang tersembunyi yang bahkan tidak mungkin bisa dikunjungi. Tak sengaja, banyak pengguna yang menangkap banyak pemandangan unik Google Earth.

Dalam beberapa kasus, Google Earth menangkap foto gurun pasir Indah, morfologi bumi, bangkai kapal, struktur misterius, hingga beragam pemandangan lainnya yang mungkin belum pernah dilihat.

Baca juga: 8 Pulau Paling Rahasia di Dunia, No 5 Ada di Indonesia

Berikut beberapa pemandangan unik Google Earth yang tertangkap kamera, yang telah faktualid.com rangkum dari Live Science dan sumber lainnya, Jumat (8/7/2022).

1. Kota yang menyerupai retakan kaca

Pemandangan unik Google Earth

Kota Pozoantiguo, Spanyol yang menyerupai retakan kaca (Foto: Google Earth)

Pemandangan unik Google Earth yang pertama yaitu kota yang menyerupai retakan kaca. Kota itu sebenarnya merupakan sebuah kota kecil di Spanyol. Kota tersebut bernama Pozoantiguo (Provinsi Zamora). Jika dilihat seksama, kota tersebut seakan kaca yang sudah hancur namun tidak terpisah.

2. Roda aneh

Pemandangan unik Google Earth

Roda aneh yang tertangkap Google Earth di Yordania (Foto: Google Earth)

Google Earth dilaporkan telah memata-matai sejumlah karya seni lama yang terukir di bumi, termasuk struktur geometris berbentuk roda yang mungkin sudah berusia sekitar 8.500 tahun. Pemandangan unik Google Earth ini dianggap aneh oleh beberapa pihak.

Beberapa dari desain yang menghiasai Oasis Azraq, Yordania, itu tampaknya diposisikan sedemikian rupa, sehingga sejajar dengan matahari terbit di titik balik matahari musim dingin.

Advertisement

3. Bangkai kapal

Pemandangan unik Google Earth

Kapal tenggelam di Sudan (Foto: Istimewa)

Pemandangan unik Google Earth berikutnya yaitu bangkai kapal. Dikutip dari Live Science, kapal tersebut merupakan SS Jassim, sebuah feri kargo Bolivia, kandas dan tenggelam di Wingate Reef di lepas pantai Sudan pada tahun 2003.

Kapal tersebut diketahui mempunyai panjang 265 kaki (81 meter), kapal itu pernah menjadi salah satu bangkai kapal terbesar yang terlihat di Google Earth terletak di kordinat 19 38’45.99″N 37 17’42.17E.

4. Gurun pasir indah di Mauritania

Pemandangan unik Google Earth

Gurun pasir indah di Mauritania (Foto: Google Earth)

Selain bangkai kapan, pemandangan unik Google Earth lainnya adalah gurun pasir indah di Mauritania. Umumnya gurun pasir yang kita ketahui berwarna coklat. Beda halnya dengan gurun pasir di wilayah dekat kota Akjoujt, Mauritania. Gurun pasir ini terlihat memiliki percampuran warna cokelat dan biru jika dilihat menggunakan citra satelit sehingga terlihat indah.

5. Morfologi bumi indah

Pemandangan unik Google Earth

Morfologi bumi indah di Australia (Foto: Google Earth)

Beberapa waktu lalu, media sosial sempat dihebohkan dengan foto morfologi bumi indah yang tertangkap melalui Google Earth. Pemandangan tersebut ternyata berada di wilayah kota kecil Kumarina, Australia. Penampakan indah itu terlihat memiliki tekstur yang unik serta warna biru laut yang menenangkan.

Baca juga: 8 Tempat Terpanas di Dunia, Ada yang Mencapai Suhu 70 Derajat

6. Pentagram raksasa

Pemandangan unik Google Earth

Pentagram raksasa (Foto: Google Earth)

Di padang rumput Asia Tengah yang tertiup angin, di sudut terpencil Kazakhstan, ada pentagram besar, berdiameter kira-kira 366 meter, terukir di permukaan bumi.

Bintang berujung lima yang dikelilingi oleh lingkaran, terletak di pantai selatan Waduk Tobol Atas, muncul dengan jelas di Google Maps, versi online dari Google Earth yang lebih detail. Banyak komentar yang menghubungkan pemandangan unik Google Earth ini dengan pemujaan setan, sekte agama jahat atau penghuni dunia bawah.

Setelah ditelusuri, ternyata pentagram itu adalah garis besar taman yang dibuat dalam bentuk bintang. Bintang ini ditandai dengan jalan raya yang sekarang dipagari pepohonan, membuat bentuk bintang semakin berbeda di foto udara.

7. Napas gurun

Pemandangan unik Google Earth

Karya seni Desert Breath di Mesir (Foto: Istimewa)

Desain spiral raksasa yang terdapat di gurun Mesir tak jauh dari tepi Laut Merah ini merupakan instalasi seni yang disebut Desert Breath. Pada Maret 2007, Danae Stratou, Alexandra Stratou, dan Stella Constantinides menciptakan karya seni seluas 1 juta kaki persegi (100.000 meter persegi).

8. Kata HAMAD

Pemandangan unik Google Earth

Kata HAMAD (Foto: Istimewa)

Salah satu pemandangan unik Google Earth yang mungkin sudah diketahui adalah kata HAMAD. Hamad bin Hamdan al Nahyan adalah seorang miliarder Sheikh dan anggota keluarga penguasa Abu Dhabi. Namanya terukir di permukaan berpasir Pulau al Futaisi, pulau miliknya di Teluk Persia.

Dengan tinggi setengah mil dan panjang 2 mil, tulisan HAMAD mungkin adalah deret abjad terbesar di dunia yang bisa terlihat dari luar angkasa.

9. Pulau berbentuk bulan sabit

Pemandangan unik Google Earth

Pulau berbentuk bulan sabit (Foto: Google Earth)

Pemandangan unik Google Earth yang terakhir adalah pulau berbentuk bulan sabit. Pulau itu adalah sebuah tempat bernama Kihei yang terletak di wilayah Kepulauan Hawaii. Kalian bisa melihat percampuran 3 warna air laut yaitu hijau, biru muda dan biru gelap yang begitu enak dipandang mata.***

Baca juga: 10 Fakta Unik Tentang Menara Eiffel yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement