Connect with us

Kesehatan

7 Manfaat Terong Belanda bagi Kesehatan dan Kecantikan

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat terong belanda

Ilustrasi terong belanda (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Terong belanda merupakan salah satu buah yang dikenal menyimpan kandungan nutrisi yang menakjubkan. Beraroma segar dan rasanya yang asam merupakan ciri khas dari buah tersebut. Tak hanya itu, ternyata ada manfaat terong belanda yang baik bagi kesehatan.

Dilihat dari bentuknya, buah ini sangat tidak mirip seperti terong pada umumnya. Tamarillo atau dikenal dengan terong belanda mengandung banyak air di dalamnya. Terong belanda juga memiliki warna merah atau kuning jingga.

Sama seperti buah lainnya, terong belanda memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya Vitamin A, C, E, protein, mangan, kalsium, dan zat besi. Berkat kandungan tersebut, tak heran jika manfaat terong belanda sangat banyak. Bahkan, buah ini sering dijadikan obat pencegah kanker.

Baca juga: Menakjubkan, ini 9 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat terong belanda bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat terong belanda yang pertama yaitu menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang ada di dalamnya mampu menjaga sistem pencernaan sekaligus mencegah diare dan perut kembung.

Advertisement

Terong belanda yang dikonsumsi secara rutin juga bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus dan membasmi bakteri jahat. Hal ini membuatnya bisa menyerap nutrisi baik pada tubuh.

2. Mencegah kanker

Sudah disinggung sebelum bahwa manfaat terong belanda bisa mencegah kanker. Manfaat luar biasa ini berasal dari antiosianin pada terong belanda yang bekerja dalam membasmi radikal bebas. Radikal bebas diketahui bisa menyebabkan sel-sel kanker berkembang di dalam tubuh.

Sebagai langakah pencegahan, ada baiknya Anda mengonsumsi olahan terong belanda sebagai jus setiap harinya.

3. Mencegah anemia

Manfaat terong belanda berikutnya yaitu mencegah anemia. Orang penderita anemia umumnya akan menimbulkan pusing dan lesu. Sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan zat besi, terong belanda anggap mampu mencegah anemia.

Zat besi berfungsi untuk merangsang produksi sel darah merah pada tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini, Anda bisa terhindar dari Anemia dengan mengonsumsinya secara teratur.

Advertisement

4. Menjaga kesehatan mata

Selain mencegah anemia, manfaat terong belanda juga bisa menyehatkan mata. Terong belanda menyimpan kandungan vitamin A, dimana vitamin A sudah dikenal bisa berperan dalam menyehatkan mata.

Meski tergolong sedikit, vitamin A dalam terong ini dinilai sangat baik dalam meningkatkan kesehatan mata. Manfaat terong belanda didapatkan dari kandungan vitamin A ditambah beta karoten yang dapat melawan degenerasi makula terkait usia.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Naga, Redakan Flu Hingga Tingkatkan Imun

Disamping itu, vitamin A yang dimilikinya mampu melindungi dari bakteri dan virus sehingga dapat menjaga indera penglihatan dari Infeksi serta menurnkan berbagai penyakit mata yang berisiko.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Terong belanda memiliki khaisat yang cukup tersohor, yakni meningkatkan daya tahan tubuh. Terong belanda mempunyai kandungan yang dapat merubah kalori dan menjadi enegri berupa karbohidrat dan protein. Kandungan yang dimaksud adalah vitamin B karena bisa mengatur metabolisme tubuh.

Selain itu, vitamin B juga bisa membantu proses metabolisme hemogloboin. Mulai dari sekarang, Anda bisa memasukkan buah ini bisa dijadikan makanan pelengkap gizi untuk hidup lebih seha.

Advertisement

6. Bantu turunkan berat badan

Siapa sangka, manfaat terong belanda diyakini dapat menurukan berat badan. Bukan tak alasan, kandungan asam di dalamnya efektif membantu kurangi lemak pada tubuh. Namun, jangan hanya mengandalkan terong belanda saja untuk progtam diet.

Anda perlu melakukan latihan fisik dan menjaga pola makan sehat secara rutin untuk mengatasi lemak yang ada di dalam tubuh.

7. Mencegah penuaan dini

Tak hanya kesehatan tubuh, manfaat terong belanda bisa mencegeh penuaan dini pada wajah. Radikal bebas merupakan penyebab terjadi penuaan. Radikal bebas bisa dibasmi dengan terong belanda dalam membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

Kerusakan kulit yang terjadi seiring perkembangan usia ini yang terjadi secara alami ini mampu diatasi dengan bantuan terong belanda.

Selain itu, vitamin C dan E di dalamnya juga bisa menjaga kulit agar tetap kencang, dan kenyal, serta membuat kulit terlihat awet muda.***

Advertisement

Baca juga: 8 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Lanjutkan Membaca
Advertisement