Connect with us

Gadget

7 Cara Mengatasi Fingerprint yang Eror atau Tidak Berfungsi

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengatasi fingerprint yang eror

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Saat ini, smartphone keluaran terbaru umumnya sudah di lengkapi dengan sensor sidik jari atau fingerprint. Fitur ini berfungsi sebagai pengaman. Namun, sendok sidik jari ternyata bisa tidak berfungsi. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi fingerprint yang eror atau tidak berfungsi.

Hadirnya sensor sidik jari di berbagai smartphone tentu sangat memudahkan penggunanya untuk membuka ponsel menggunakan sidik jari tanpa perlu memasukan PIN atau kata sandi. Entah berbagai alasan, fitur keamaan itu terkadang bisa bermasalah.

Jika fitur ini tidak berfungsi, Anda tak perlu buru-buru membawa ponsel ke tempat servis. Anda bisa mencoba menerapkan cara mengatasi fingerprint yang eror atau tidak berfungsi terlebih dahulu. Sebab, hal tersebut belum tentu terjadi karena hardware yang rusak.

Baca juga: 7 Cara Memperbaiki iPhone Tidak Bisa di Charge, Mudah Dilakukan

Berikut beberapa cara mengatasi fingerprint yang eror atau tidak berfungsi, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Bersihkan jari

cara mengatasi fingerprint yang eror

Ilustrasi mencuci tangan (Foto: Istimewa)

Langkah atau cara mengatasi fingerprint yang eror adalah memastikan jari dalam keadaan bersih. Pasalnya, tangan atau sidik jari kotor akan menyulitkan sensor agar terbaca. Untuk itu, Anda bisa membersihkan jari terlebih dahulu agar terbebas dari minyak dan kotoran.

Selain itu, jari yang basah guna bisa menyebabkan sidik jari tidak terbaca. Setelah mencuci tangan, pastikan jari benar-benar kering.

Advertisement

2. Membersihkan sensor sidik jari

Ketika sensor fingerprint tidak berfungsi, biasanya terjadi akibat adanya kotoran atau basah. Saat mencoba membuka ponsel dan menemukan fitur ini sedikit basah, tentu sangat sulit untuk membukanya karena sensor terhalangi oleh lain.

Bukan hanya jari tangan yang kotor, memastikan sensor sidik jari dalam keadaan bersih dan kering dapat dijadikan juga sebagai cara mengatasi fingerprint yang eror. Jika sidik tidak berfungsi, cobalah membersihkan sensor dengan tisu hingga tidak ada air, kotoran, atau minyak.

3. Reboot ponsel

Cara mengatasi fingerprint yang eror atau tidak berfungsi berikutnya yaitu reboot atau restart ponsel. Banyaknya aplikasi yang berjalan bisa menyebabkan smartphone menjadi eror dan bisa saja menyebabkan sensor lambat atau tidak berfungsi.

Dengan merestart ponsel, sistem akan kembali normal dan lebih fresh. Hasilnya, fitur ini akan memulai dari awal dan bisa digunakan dengan lancar.

4. Hapus cache sidik jari

cara mengatasi fingerprint yang eror

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain merestrat ponsel, cara mengatasi fingerprint yang eror atau tidak berfungsi yakni menghapus cache fingerprint. Cache adalah semua data yang disimpan sementara waktu. Seiring penggunaan, data di dalamnya membuat memori cache penuh sehingga berakibat tidak berfungsinya sensor sidik jari.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Sinyal Hilang Pada Smartphone Beserta Penyebabnya

Cara menghapusnya, buka menu Setting, pilih Manager Aplikasi, dan cari aplikasi fingerprint. Kemudian, klik menu yang berhubungan dengan clear cache.

Advertisement

5. Kembalikan ke pangaturan pabrik

Salah satu cara mengatasi fingerprint yang eror atau tidak berfungsi dapat dilakukan dengan mengatur ponsel ke pengaturan pabrik. Dalam hal ini masalah bisa disebabkan oleh adanya virus di dalam ponsel yang bisa memengaruhi sensor sidik jari.

Sebelum melakukannya cara ini, Anda perlu mencadangkan semua data atau file yang terdapat di dalam smartphone agar data-data penting tidak hilang. Pasalnya, mengembalikan ke pangaturan pabrik akan menghapus virus beserta data di dalamnya.

6. Lakukan perekaman sidik jari ulang

Setelah melakukan update software pada smartphone, terkadang beberapa smartphone sering menyebabkan sensor sidik jari tidak dapat merspon. Anda bisa mencoba mengatasinya dengan menghapus data sidik jari lama dan melakukan perekaman sidik jari baru.

Pada saat melakukan perekaman, sebaiknya gunakan lebih dari satu jari. Misalnya salah satu jari terluka, Anda masih bisa membuka ponsel dengan fitur ini dengan jari lainnya.

7. Bawa ke tempat servis

cara mengatasi fingerprint yang eror

Ilustrasi servis ponsel (Foto: Istimewa)

Jika cara mengatasi fingerprint yang eror di atas tidak membuahkan hasil, cara berikutnya adalah membawa smartphone kepada ahlinya. Di sana, smartphone kamu akan diperiksa dengan seksama dan diperbaiki sesuai dengan akar masalahnya.

Di langkah ini, biasanya sensor sidik jari terjadi akibat kerusakan hardware. Bawalah ponsel ke tempat servis yang professional dan akan diperbaiki secara maksimal. Alhasil, fingerprint bisa berfungsi kembali.***

Advertisement

Baca juga: 7 Cara Merawat Baterai Iphone, Agar Battery Health Tidak Mudah Turun

Lanjutkan Membaca
Advertisement