Connect with us

Gadget

7 Cara Mengatasi Gmail yang Penuh, Gampang Banget!

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengatasi Gmail yang penuh

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Di zaman seperti sekarang ini, hampir seluruh manusia di dunia ini mempunyai email atau surat elektronik. Penyedia layanan yang sudah banyak digunakan adalah Gmail. Namun, Gmail memiliki penyimpanan yang terbatas. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi Gmail yang penuh.

Google Mail atau Gmail merupakan layanan surat elektronik dari Google yang diberikan penggunanya ruang penyimpanan terbatas secara gratis. Dibandingkan lainnya, Gmail dianggap lebih simpel, mudah digunakan, cepat dan mempunyai banyak fitur menarik.

Saat menggunakannya untuk menujang aktivitas, kapasitas ruang penyimpanan Gmail perlahan penuh. Jika demikian, Anda tak perlu khawatir. Sebab, ada beragam cara mengatasi Gmail yang penuh, yang mudah dipraktikkan.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Google Play eror, Mudah dan Ampuh!

Berikut beberapa cara mengatasi Gmail yang penuh, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Hapus email berukuran besar

Cara mengatasi Gmail yang penuh, yang pertama yaitu menghapus email berukuran besar. Saat menggunakannya, tak jarang Anda mendapatkan email berukuran besar. Biasanya, pesan elektronik tersebut berisi file atau foto beresolusi tinggi yang membuat Gmail penuh.

Advertisement

Untuk mengatasinya, Anda perlu menghapus pesan tersebut. Agar lebih mudah, temukan kolom pencarian Gmail dan ketik “larger:20m”. Hal tersebut akan memudahkan untuk menemukan email berukuran 20 MB ke atas sehingga Anda dapat menghapusnya dengan lebih mudah.

2. Hapus file di Google Photos

cara mengatasi Gmail yang penuh

Ilustrasi Google Photos (Foto: Istimewa)

Perlu diketahui, bahwa aplikasi Google Photos ternyata dapat memengaruhi kapasitas Gmail karena mempunyai ruang penyimpanan yang sama. Cara mengatasi Gmail yang penuh ini adalah dengan menghapus file foto di Google Photos.

Caranya, Anda bisa mengunduh aplikasi Google Photos atau melalui photos.google.com. Seleksi foto atau file yang hendak di hapus dengan memilih centang. Lalu klik ikon “Hapus” dan pindahkan ke menu “Tempat Sampah”. Setelah itu, bersihkan “Tempat Sampah” dan hapus file secara permanen.

3. Bersihkan sampah di Gmail

Cara mengatasi Gmail yang penuh berikutnya yaitu membersihkan sampah. Ketika Anda menghapus pesan di Gmail, pesan tidak langsung menghilang dan akan di tampung pada “Tempat sampah”. Email tersebut akan hilang secara otomatis dalam kurun waktu 30 hari setelah dihapus.

Kosongkan folder sampah di Gmail mulai sekarang. Dengan begitu, ruang penyimpanan lebih lega karena email di folder tersebut akan terhapus permanen.

4. Hapus email lama

cara mengatasi Gmail yang penuh

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain membersihkan sampah, cara mengatasi Gmail yang penuh lainnya yaitu menghapus email lama. Penyebab penuhnya Gmail adalah menumpuknya email dari waktu ke waktu. Tentunya ada sudah tidak memerlukan email lama yang dikirim bertahu-tahun lalu.

Baca juga: 6 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui Laptop dan Smartphone

Hapuslah email lama guna memperluas ruang penyimpanan Gmail. Untuk mempercepat proses menghapus, caranya dengan mengetik “older_than:2y” untuk mencari email lama yang berusia lebih dari 2 tahun. Selanjutnya, hapuslah email tersebut untuk selamanya.

Advertisement

5. Hapus email promosi

Apakah Anda pernah menerima email promosi di Gmail? Pesan tersebut akan otomatis didapatkan ketika berlanggang di aplikasi tertentu. Email promosi yang dibiarkan lama kelamaan menumpuk menjadi ribuan sehingga kapasitas penyimpanan Gmail penuh.

Saat ingin menghapusnya memang memakan banyak waktu untuk menghapus email promosi tersebut. Setelah dihapus, pastinya ruang penyimpan akan menjadi lega.

6. Hapus file Google Drive

cara mengatasi Gmail yang penuh

Ilustrasi Google Drive (Foto: businessinsider.sg)

Salah satu cara mengatasi Gmail yang penuh adalah menghapus file di Google Drive. Sama seperti Google Photos, Google Drive juga memiliki ruang penyimpanan yang sama. Seringnya Anda mengunduh file di Drive akan berpengaruh terhadap kapasitas Gmail menjadi penuh.

Ketika hal ini terjadi, Anda bisa menghapus file penting di Google Drive agar Anda bisa menggunakan Gmail seperti sediakala. Apabila file di Google Drive dirasakan penting, Anda bisa mencadangkannya pada harddisk eksternal.

7. Membeli ruang penyimpanan tambahan

Mengingat ruang penyimpanan Google Photos dan Google Drive yang sama, cara mengatasi Gmail yang penuh adalah dengan berlangganan ruang penyimpanan yang disediakan Google. Ada beragam kapasitas yang tersedia, misalnya Rp 26.900 per bulan untuk kapasitas 100 GB.

Dengan membeli ruang penyimpanan, Anda tidak perlu menghapus ribuan email tak penting atau memindahkannya ke harddisk atau flashdisk.***

Advertisement

Baca juga: 5 Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Biar Privasi Makin Aman

Lanjutkan Membaca
Advertisement