Connect with us

Internasional

Pesawat Malaysia Airlines MH370 Diyakini Bisa Ditemukan Kembali

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Richard Godfrey yakin Boeing 777 pesawat Malaysia Airlines MH370 jatuh ke Samudera Hindia 2.000 km sebelah barat Perth, Australia Barat.

Richard Godfrey yakin Boeing 777 pesawat Malaysia Airlines MH370 jatuh ke Samudera Hindia 2.000 km sebelah barat Perth, Australia Barat.

FAKTUAL-INDONESIA: Hilangnya pesawat Malaysia Airlines yang membawa 239 penumpang dan awak merupakan salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia.

Tapi seorang insinyur penerbangan Inggris, yang telah menghabiskan lebih dari satu tahun bekerja pada bencana, berpikir dia telah menghitung di mana MH370 jatuh.

Richard Godfrey yakin Boeing 777 itu jatuh ke Samudera Hindia 2.000 km sebelah barat Perth, Australia Barat.

Pesawat menghilang dari radar selama penerbangan pada Maret 2014.

Godfrey mengatakan kepada BBC bahwa dia berharap akan dapat memberikan penutupan kepada kerabat terdekat dan jawaban kepada publik penerbangan dan industri penerbangan tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan MH370 dan bagaimana mencegahnya di masa depan.

Advertisement

Dia menggabungkan kumpulan data berbeda yang sebelumnya disimpan di domain terpisah, untuk menyelaraskan ke lokasi baru ini di Samudra Hindia Selatan.

Godfrey mengatakan itu adalah latihan yang rumit tetapi sebelumnya hanya ada kurangnya pemikiran lateral, di berbagai disiplin ilmu, untuk menyatukan ini.

“Tidak ada yang punya ide sebelumnya untuk menggabungkan data satelit Inmarsat, dengan data kinerja Boeing, dengan data hanyut puing-puing mengambang Oseanografi, dengan data bersih WSPR,” katanya.

Godfrey mengatakan, dia bekerja dengan tim  dan terus menemukan perkembangan selama satu tahun ini.

“Kami telah melakukan cukup banyak pengujian ide baru ini dan kami telah sampai pada kepercayaan diri untuk menerapkannya pada MH370″.

Advertisement

Richard Godfrey berharap untuk “menyaring jarum di tumpukan jerami”.

Titik pasti yang ditentukan oleh perhitungan data adalah sekitar 33 derajat selatan dan 95 derajat timur di Samudera Hindia.

Ada dua pencarian ekstensif di Samudera Hindia untuk MH370, yang menghasilkan hasil yang tidak meyakinkan.

Pencarian telah menelan biaya ratusan juta dolar, dan sementara ada permintaan dari anggota keluarga untuk menemukan orang yang mereka cintai, biaya yang terkait sangat besar.

Pencarian MH370 sebelumnya sulit karena ukuran area pencarian.

Advertisement

“Area seluas 120.000 km persegi telah digeledah dan itu tidak mencari jarum di tumpukan jerami – itu mencari sesuatu yang mikroskopis di tumpukan jerami. Ini sangat sulit dilakukan,” kata

Godfrey.

Kedalaman 4.000 Meter

Usulan baru sang insinyur adalah radius lingkaran 40 mil laut, jauh lebih kecil dari penelusuran sebelumnya.

“Puing-puing itu bisa berada di balik tebing atau di ngarai di dasar laut,” katanya. “Dan Anda mungkin perlu tiga atau empat operan sebelum Anda mulai mengambilnya. Puing-puing itu bisa berada di kedalaman 4.000 meter,” tambahnya.

Advertisement

Lebih dari tiga puluh keping puing pesawat telah terdampar di pantai pantai Afrika dan pulau-pulau di Samudra Hindia.

Pada tahun 2009, Godfrey akan menjadi penumpang Air France 447 dari Rio de Janeiro ke Paris, tetapi rencana kerja berarti dia harus tetap di Brasil.

Penerbangan itu tidak pernah mencapai tujuannya dan hilang di Atlantik. Dari titik ini, ia menjadi tertarik pada penerbangan yang hilang di laut dan menemukan mereka.

Godfrey adalah anggota pendiri Grup Independen MH370, dan seorang insinyur dengan latar belakang dalam membangun sistem pendaratan otomatis dan sistem autopilot untuk pesawat.

“Saya telah melakukan banyak pekerjaan pada sistem informasi dan menangani banyak data dan itu penting dalam analisis ini. Ada sejumlah besar data untuk melewati dan menyaring jarum di tumpukan jerami.”

Advertisement

David Gleave, Kepala Penyelidik di Konsultan Keselamatan Penerbangan yang telah menangani kecelakaan dan kehilangan  pesawat selama beberapa dekade mengharapkan akan ada pencarian baru.

“Pendanaan pencarian baru akan menjadi masalah. Mengingat bahwa kami sekarang memiliki data akurat tambahan tentang di mana lokasi kecelakaan mungkin, yang tampaknya sepenuhnya kredibel dan konsisten. dengan teori lain”.

Waktu dan peluncuran pencarian lain akan tergantung pada ketersediaan peralatan yang dirancang khusus dan juga keadaan laut.

“Secara realistis kami ingin berada di Samudra Selatan di musim panas selatan – yaitu sekitar sekarang. Jadi, ketika pencarian akan dilakukan, mungkin akan dimulai lagi dalam 12 bulan, karena Anda tidak dapat mengumpulkan aset dan seterusnya. situs dalam waktu singkat. Tapi saya pikir orang China akan bertanggung jawab dan mencari korban mereka. Atau perusahaan swasta mungkin mencari, disponsori oleh perusahaan asuransi.”

Ada 122 warga negara China di pesawat MH370, yang berangkat dari Kuala Lumpur tetapi tidak pernah mencapai tujuannya, Beijing.

Advertisement

Hilangnya telah menyebabkan sejumlah besar teori tentang apa yang terjadi. Salah satu teori adalah bahwa itu adalah ‘pilot hijacking’, di mana pilot mengambil kendali, dan menonaktifkan teknologi radar sebelum berbalik di atas Teluk Thailand dan menuju ke barat.

“Jika Anda memilih untuk menyembunyikan pesawat di Samudra Hindia Selatan, pastikan itu lebih jauh ke barat dari jalur penerbangan standar, jauh dari jangkauan pesawat tim pencarian dan penyelamatan Australia. Jadi, lokasi yang tepat ini konsisten dengan teori itu,” kata  Gleave

Keterlibatan Dewan Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) dalam pencarian bawah laut untuk MH370 berakhir pada Oktober 2017.

Dikatakan kepada BBC: “ATSB tidak terlibat dalam upaya kontemporer untuk menetapkan lokasi pesawat.

“Setiap keputusan untuk melanjutkan pencarian pesawat akan menjadi urusan pemerintah Malaysia, sebagai status pendaftaran pesawat.”

Advertisement

Pemerintah Malaysia dan pemerintah Cina telah didekati untuk memberikan tanggapan. ***

= = = = = = = = =

‘HUBUNGI KAMI’

Apakah Anda tertarik  dengan informasi yang diangkat dalam tulisan ini? Atau Anda memiliki informasi atau ide soal politik, ekonomi, hukum dan lainnya? Bagikan pengalaman dan pendapat Anda dengan mengirim email ke aagwared@gmail.com

Harap sertakan foto dan nomor kontak Anda untuk konfirmasi. ***

Advertisement

= = = = = = = = =

Lanjutkan Membaca