Connect with us

Hukum

Resmi Mundur, Lili Pintauli Siregar Sudah Tidak Lagi Jadi Wakil Ketua KPK

Avatar

Diterbitkan

pada

Lili Pintauli Siregar (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar sudah tidak lagi menjadi Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia resmi mengajukan pengunduran dirnyai dari KPK.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah menerima surat pengunduran diri Lili. Tak hanya itu, Jokowi juga sudah meneken Keppres mengenai pemberhentian Lili.

“Surat pengunduran diri Lili Pintauli Siregar telah diterima oleh Presiden Jokowi. Presiden Jokowi sudah menandatangani Keppres Pemberhentian LPS (Lili Pintauli Siregar),” kata Stafsus Mensesneg Faldo Maldini, Senin (11/7/2022).

Penerbitan Keppres itu, ujarnya, merupakan bagian administrasi sesuai peraturan perundang-undangan.

“Penerbitan Keppres tersebut merupakan prosedur administrasi yang disyaratkan dalam Undang-Undang KPK,” ucapnya.

Advertisement

Diketahui, Lili sudah kesekian kalinya dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Lili, belum lama diadukan ke Dewas KPK karena Lili diduga menerima fasilitas serta akomodasi menonton gelaran MotoGP Mandalika pada Maret 2022.

Dalam laporan tersebut, Lili Pintauli diduga menerima tiket penginapan dan tiket MotoGP Mandalika. Dewas KPK telah meminta konfirmasi pihak BUMN, yakni PT Pertamina, untuk membawa dokumen-dokumen yang berhubungan dengan perkara ini.

Dokumen itu antara lain tiket MotoGP pada Grandstand Premium Zone A-Red dan penginapan di Amber Lombok Beach Resort.

Lili sebelumnya juga pernah dijatuhi sanksi etik pemotongan gaji terkait penyalahgunaan pengaruh dan hubungannya dengan pihak berperkara di KPK, yakni Walkot Tanjungbalai nonaktif M Syahrial.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca