Connect with us

Ekonomi

Konser Ed Sheeran di Jakarta Ditargetkan Bakal Beri Dampak Ekonomi Rp 100 Miliar

Avatar

Diterbitkan

pada

Konser Ed Sheeran sangat ditunggu-tunggu penggemarnya di Jakarta. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Konser penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran di Jakarta yang akan dihelat di Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta pada 2 Maret 2024 mendatang diharapkan dapat memberi dampak ekonomi sekitar Rp 100 miliar.

Konser penyanyi yang terkenal dengan lagu berjudul “Perfect” itu menargetkan sekitar 50.000 penonton. Semula konser akan digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Namun terpaksa dipindah karena ada even sepak bola internasional yang juga akan digelar di GBK dalam waktu bersamaan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan meskipun venue berubah dari Stadion Gelora Bung Karno (GBK) ke JIS, tetapi ia yakin konser Ed Sheeran bertajuk “Ed Sheeran: Mathematic Tour 2024″ itu akan menarik penonton karena ada sensasi panggung 360 derajat yang ikonik.

“Tipikal spending wisatawan nusantara hingga 50.000 penonton itu pengalinya Rp 2,7 juta, konservatif direct impact-nya Rp 100 miliar lebih,” ucap Sandiaga dikutip dari Antara, Selasa (27/2/2024).

Diketahui GBK batal digunakan untuk konser ini karena ada persiapan pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Vietnam.

Advertisement

Sementara, Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengatakan bahwa Kemenparekraf bersama PK Entertainment selaku promotor terus berusaha meningkatkan penyelenggaraan konser yang berkualitas. PK Entertainment merupakan promotor yang juga mendatangkan Coldplay pada November 2023.

“Belajar dari kesuksesan Coldplay, kami melihat promotor PK Entertainment ini sudah semakin meningkat kualitas penyelenggaraannya,” ujar Vinsensius.

Ia menyebut konser Ed Sheeran dengan 50.000 penonton diharapkan dapat berkontribusi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tahun ini ditargetkan mencapai 1,5 miliar pergerakan.

“Sebanyak 10–15 persen wisatawan mancanegara akan hadir di konser tersebut sehingga bisa memberi kontribusi pada perekonomian,” pungkasnya.***

 

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement