Connect with us

Ekonomi

Terlambat ke Kantor Gegara KRL Bermasalah, Bisa Minta Surat Keterangan dari KAI

Avatar

Diterbitkan

pada

Surat keterangan dari KAI menjadi penyelamat bagi mereka yang telat ke kantor.(ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Kereta api merupakan angkutan umum favorit bagi warga Jakarta, khususnya mereka yang tinggal di Depok dan Bogor dan bekerja di Jakarta. Namun, terkadang ada kendala pada kereta api sehingga mereka terlambat ke kantor.

Terlambat ke kantor, ada risiko pemotongan gaji di sejumlah perusahaan. Tapi kini, Anda tak perlu khawatir lagi jika kereta api (KRL) yang kalian tumpangi mogok atau ada kendala. Sebab, PT Kereta Api Indonesia (KAI) kini bisa mengeluarkan surat keterangan keterlambatan kereta.

Dengan surat tersebut, Anda bisa memberikan alasan terlambat ke kantor, sehingga tak perlu mengalami pemotongan gaji.

Salah satu warganet menunjukkan surat keterangan keterlambatan kereta api di akun Twitternya. Warganet pengguna KRL itu bernama Mega lewat akun X @PernebangRoket, Senin (26/2/2024) pagi mengunggah surat dari KAI.

“Saya biasa sekitar jam 07.45 WIB sampai kantor. Ini telat kurang lebih 40 menitan,” kata Mega seperti dikutip Detik.com, Senin (26/2/2024).

Advertisement

Mega bekerja di Jakarta dan berangkat kerja menggunakan KRL dari Stasiun Bekasi Kota. Tadi, dia tertahan di Stasiun Manggarai karena ada kereta mengalami gangguna di Stasiun Cikini.

Dia menunjukkan surat keterangan yang dia dapatkan, berlogo KAI Commuter, bertuiskan ‘Surat Keterangan Keterlambatan Kereta Api. Dia menjelaskan surat ini tidak sulit didapatnya.

“Klaim di stasiun tujuan saja, langsung minta ke petugas di mesin tap out. Mereka sudah standby buat membagikan surat karena tahu ada gangguan kereta,” kata Mega.

Tadi, dia melihat banyak anak kereta atau anker, sebutan populer pengguna KRL, yang meminta surat keterangan itu. Meski begitu, kegiatan ini tidak menimbulkan antrean.

“Nggak sampai antre karena langsung dibagikan saja,” kata dia.

Advertisement

Surat ini menurutnya cukup penting bagi kelas pekerja kantoran yang mengandalkan KRL sehari-harinya. Soalnya, ada sebagian karyawan yang terancam kena pemotongan upah bila terlambat kerja.

Jadi, bagi Anda yang khawatir saat terlambat ke kantor gegara kereta bermasalah, coba cara seperti Mega. Semoga membantu!***

Lanjutkan Membaca
Advertisement