Home Ekonomi Apindo Desak Pemerintah Cairkan Subsidi Gaji Bagi Perusahaan Terdampak PPKM

Apindo Desak Pemerintah Cairkan Subsidi Gaji Bagi Perusahaan Terdampak PPKM

oleh Bambang

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani. (ist)

FAKTUALid – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani, meminta pemerintah untuk mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) apabila ada pengusaha yang melakukan pengurangan gaji di masa PPKM, utamanyakepada perusahaan yang disiplin membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

“Pemerintah dan pekerja agar memahami bersama kesulitan pengusaha, sehingga jika ada pengurangan maka hal ini dikompensasikan dengan bantuan subsidi upah bagi yang telah rajin membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan,” tutur Hariyadi, diJakarta, Rabu (21/7/2021).

Menurut Hariyadi, BSU merupakan salah satu implementasi Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) nomor 2 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pengupahan pada Industri Padat Karya Tertentu dalam masa pandemi Covid-19. Pengupahan dapat disesuaikan dengan kondisi terkini perusahaan. Apabila ada penyesuaian maka perlu ada diskusi dan kesepakatan dalam sistem pembayaran upah sehingga bisa adil bagi pekerja dan pengusaha.

“Pengusaha dapat melakukan penyesuaian besaran dan cara pembayaran upah pekerja atau buruh berdasarkan kesepakatan antara pengusaha dengan pekerja atau buruh. Perlu mengutamakan dialog antara pemerintah, pekerja dan pengusaha,”tutur Hariyadi. ****

You may also like

Tinggalkan Komentar