Connect with us

Teknologi

Sora OpenAI Pamerkan Kecerdasan Buatan Yang Dapat Membuat Video Hanya Dengan Teks !

Rahmat Khairurizqi

Diterbitkan

pada

Sora Open AI (Foto : OpenAI)

ChatGPT yang merupakan AI besutan OpenAI, membuat gebrakan di bidang artificial intelligence dengan memamerkan AI terbarunya yakni Sora. Sora OpenAI menjadi bahan perbincangan di dunia kecerdasan buatan, dikarenakan memamerkan AI yang dapat membuat video hanya dengan teks saja.

Sora OpenAI sendiri diperkenalkan oleh Sam Altman (CEO OpenAI) pada 16 Febuari 2024.  Sora OpenAI adalah model AI teks-ke-video yang dikembangkan oleh pembuat ChatGPT OpenAI. Pendek kata, Sora mampu mengambil perintah teks dan mengubahnya menjadi klip video.

Apa saja fakta menarik dari Sora AI yang dipamerkan oleh OpenAI? Berikut 3 fakta menarik Sora OpenAI yang telah dihimpun oleh faktualid.com dari berbagai sumber.

1. Sora OpenAI Dapat Membuat Video Berdurasi Pendek Dengan Perintah Teks

Cuplikan Video Sora OpenAI (Foto : OpenAI)

Sora OpenAI mampu membuat video hanya dengan perintah teks saja. Sora Open AI merupakan model difusi dengan arsitektur tranformator, sehinga jaringan sarafnya berfungsi dengan ChatGPT. “Sora adalah model difusi yang menghasilkan video dengan memulai dengan video yang tampak seperti derau statis dan secara bertahap mengubahnya dengan menghilangkan derau tersebut dalam beberapa langkah,” ujar OpenAI di platform blog OpenAI.  OpenAI telah memasukan video dan gambar Sora sebagai unit data atau tambalan. OpenAI juga melakukan pelatihan transformator difusi pada data visual yang lebih luas dibadandingkan sebelumnya, hal ini mencakup durasi, resolusi dan rasio aspek yang berbeda. Sora OpenAI mampu menghasilkan adegan kompleks dengan banyak karakter, jenis gerakan tertentu, dan detail subjek dan latar belakang yang akurat.

Baca juga : 5 Rekomendasi AI Di Smartphone Untuk Digunakan Sehari-Hari !

2. Sora Terhubung Dengan Ekosistem OpenAI

Terhubung Ekosistem OpenAI (Foto : TechNarzo)

Teknologi yang disematkan didalam kecerdasan buatan Sora, memiliki cara kerja yang mirip dengan model AI yang lainnya besutan OpenAI. Sora OpenAI bekerja dengan modal bahasa ekosistem ChatGPT yang mendukung chatbot dan dapat memungkinkan untuk terhubung langsung dengan ekosistem OpenAI. Sistem yang digunakan Sora menggunakan arsitektur transformator sejenis dengan jaringan saraf yang mengambil masukan dan mengubahnya. Open AI selaku developer juga memasukan elemen-elemen yang terdapat pada DALL-E3, yang merupakan kecerdasan buatan besutan OpenAI yang memiliki kemampuan mengubah teks menjadi sebuah gambar sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Baca juga : Samsung Perkenalkan Galaxy AI di Samsung S24 Series, Apa Saja Fiturnya? Berikut 6 Fitur Galaxy AI di Samsung S24 Series !

3. Belum Adanya Pemberitahuan Resmi Peluncuran Sora OpenAI

Ilustrasi Sora Open AI (Foto : NationalWord)

Meski sudah dipekernalkan kepada publik melaui platform media sosial, OpenAI belum memberikan tanggal pasti mengenai peluncuran resmi Sora OpenAI, tetapi pihaknya mengatakan bahwa mereka ingin menunjukan kepada orang-orang apa yang akan terjadi untuk kecerdasan buatan. Kendati demikian, pihak OpenAI belum melakukan pelucnuran secara resmi dikarenakan pihaknya masih menguji keamanan dari teknologi penghasil video. Hal ini merupakan kebijakan yang baik, lantaran banyaknya permasalahan etika bagi pengguna yang berkaitan dengan pembuatan video yang terlihat nyata. OpenAI juga mengatakan sedang mengerjakan pengklasifikasi deteksi video AI yang dapat mengidentifikasi apakah suatu video diproduksi oleh Sora atau tidak.

Itulah 3 fakta menarik Sora OpenAI yang telah dihimpun faktualid.com dari berbagai sumber. Meskipun masih dalam batas memperkenalkan kecerdasan buatan terbarunya, OpenAI terus menguji kelayakan dari Sora dengan bekerja sama dengan para ahli dan pakar domain. Tentunya kehadiran Sora OpenAI patut ditunggu peluncuran resminya, sehingga publik dapat menggunakan kecerdasan buatan terbaru dari OpenAI dengan bijak sesuai dengan kebutuhan pengguna. **

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement