Connect with us

Gadget

Samsung Perkenalkan Galaxy AI di Samsung S24 Series, Apa Saja Fiturnya? Berikut 6 Fitur Galaxy AI di Samsung S24 Series !

Rahmat Khairurizqi

Diterbitkan

pada

Launching Samsung S24 Series oleh Harry Lee, President of Samsung Electronics Indonesia dan Lo Khing Seng, Vice President MX Business Samsung Electronics Indonesia (Foto : Samsung)

Samsung Galaxy S24 series telah diluncurkan oleh Samsung pada acara Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, California, Amerika Serikat (17/1). Namun ada hal menarik dalam peluncuran Samsung Galaxy S series kali ini. Berbeda dengan Galaxy Unpacked 2023 silam yang memamerkan 10x optical zoom pada lensa telephoto di Samsung Galaxy 23 Ultra, tetapi pada Galaxy Unpacked 2024 Samsung memamerkan sesuatu yang berbeda yakni fitur Galaxy AI.

Galaxy AI merupakan sebuah inovasi terbaru yang dirilis oleh Samsung untuk merancang sebuah smartphone yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Samsung merancang smartphone flagship teranyar-nya dengan memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan fungsi smartphone-nya agar lebih optimal dan mempermudah penggunanya dalam melakukan produktivitas sehari-hari.

Apa saja fitur Galaxy AI yang di tawarkan oleh Samsung di line up Galaxy S24 series? Berikut 6 Fitur Galaxy AI di Samsung S24 Series, yang telah di rangkum oleh faktualid.com dari berbagai sumber.

1. Circle To Search

Ilustrasi Circle to search Galaxy AI (Foto : Samsung)

Fitur Galaxy AI pertama yang dipamerkan oleh Samsung adalah circle to search. Fitur ini dirancang untuk memungkinkan pengguna mencari apapun dengan gerakan sederhana. Circle to search merupakan fitur yang menggabungkan pencarian tangkapan layer dengan Google Lens. Fitur Galaxy AI ini  dapat mencari informasi tentang teks atau gambar di semua aplikasi tanpa harus keluar dari aplikasi dan tanpa mengetik pertanyaan dipencarian.  Dalam menggunakan fitur circle to search, pengguna cukup meligkari atau mencoret objek yang ada dilayar dan secara otomatis fitur circle to search akan mencari informasi objek tersebut.

2. Live Translate

Ilustrasi Live Translate (Foto : Samsung)

Live translate menjadi fitur terobosan Samsung dalam menghadirkan inovasi kepada penggunanya. Fitur Galaxy AI ini merupakan fitur terjemahan real-time ketika melakukan panggilan lintas bahasa tanpa perlu men-translate perkataan lawan bicaranya. Proses penerjemahan ini juga berlangsung cepat, AI hanya butuh 1 hingga 2 detik untuk memproses, kemudian asisten virtual akan menyampaikan terjemahan melalui suara. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berbicara dalam bahasa berbeda. yang akan menampilkan terjemahan dalam bentuk log obrolan selama panggilan telepon.

Baca Juga : 5 Rekomendasi AI Di Smartphone Untuk Digunakan Sehari-Hari !

3. Instant Slow Motion

Ilustrasi Instant Slow Motion (Foto : Samsung)

Instant slow motion menjadi fitur Galaxy AI yang di pamerkan oleh Samsung. Bagi kamu yang menyukai mengabadikan momen berupa video, fitur ini dapat kamu coba. Instant slow motion menerapkan AI untuk menambahkan frame yang hilang sehingga hasil slow motion terlihat halus dan tidak patah-patah. Fitur Galaxy AI instant slow motion mampu mengubah video jadi slow motion hingga ¼ kali kecepatan normal. Video yang dapat dijadikan slow motion bisa dari frame rate 24fps, 30fps, 60fps bahkan 120fps. Tentunya semakin tinggi frame rate yang digunakan, efek slow motion terlihat jauh lebih halus. Namun fitur ini memiliki batasan resolusi antara HD (720p) hingga 4K (2160p) dan belum mendukung video HDR10+.

Baca Juga : 5 Fitur Unggulan Apple Vision Pro Dibanding VR Lainnya !

4. Generative Edit

Ilustrasi Generative Edit (Foto : Samsung)

Fitur Galaxy AI selanjutnya adalah generative edit. Fitur ini dapat menganalisis gambar dan meregenerasinya saat pengguna mengubah ukuran, menghapus, atau memposisikan ulang objek dalam gambar. Pengguna juga dapat memperluas gambar sementara AI mengisi latar belakang yang sempurna dan menyelesaikan item yang terpotong dalam gambar, sehingga dalam pengeditan foto menjadi lebih mudah. Fitur generative edit ini juga mampu mengisi tepi-tepi pada gambar yang miring dan bisa menyesuaikan posisi objek di dalam foto sekaligus menghasilkan latar belakang foto yang menyatu sempurna di bagian yang kosong.

5. Note Assist

Ilustrasi Note Assist (Foto : Samsung)

Fitur note assist menjadi fitur Galaxy AI yang dapat kamu gunakan. Note assist yang didukung AI dapat mempesingkat pengguna ketika membaca dan memahami teks panjang. Fitur ini juga dapat mempersingkat pada catatan dan fokus dengan poin-ponit yang penting. Secara otomatis fitur note assist akan mendeteksi teks untuk diringkas bahkan dapat diterjemahkan sesuai dengan bahasa yang diinginkan.

6. Chat Assist

Ilustrasi Chat Assist (Foto : Samsung)

Chat assists menjadi fitur Galaxy AI selanjutnya yang dipamerkan oleh Samsung. Fitur ini bisa menerjemahkan pesan, email, dan teks lain secara real-time ke dalam 13 bahasa berkat AI yang terintegrasi di Samsung Keyboard. Chat Assist yang didukung Samsung Keyboard dapat menerjemahkan chat secara instan tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga. Chat assist juga  didukung dengan suggestion gaya bahasa, seperti kasual atau formal, dan suggestion jawaban sesuai conversation yang berlangsung untuk memastikan komunikasi tetap cair atau sedang menggunakan bahasa asing yang jarang ditemui dalam percakapan sehari-hari.

Itulah 6 Fitur Galaxy AI di Samsung S24 Series, yang telah di rangkum oleh faktualid.com dari berbagai sumber. Galaxy AI yang merupakan terobosan inovasi dari Samsung di tahun 2024 ini akan hadir di line up seri lainnya, menurut informasi yang beredar line up smarthphone S23 series juga akan mendapatkan fitur Galaxy AI. Kamu dapat menjajal fitur Galaxy AI ini untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menarik dan berbeda. **

 

Advertisement

 

 

Lanjutkan Membaca