Connect with us

Gadget

5 Fitur Unggulan Apple Vision Pro Dibanding VR Lainnya !

Rahmat Khairurizqi

Diterbitkan

pada

Penampakan Awal Apple Vision Pro di WWDC 2023 oleh CEO Apple Tim Cook (Foto : Reuters)

Baru-baru ini jagat teknologi dan gadget dihebohkan dengan peluncuran produk teranyar milik Apple, yakni Apple Vision Pro. Apple Vision Pro diluncurkan oleh Apple pada Jumat (2/2/2024) oleh Tim Cook CEO Apple. Tim Cook juga memamerkan fitur unggulan Apple Vision Pro pada saat peluncuran.

Apple Vision Pro sebelumnya santer diberitakan pada saat event Worldwide Developer Conference 2023 (WWDC), 5 Juni 2023 silam. Apple Vision Pro dibanderol dengan harga $3.499 dolar AS atau setara dengan Rp55 juta, kurs rupiah saat ini. Apple Vision Pro merupakan headset virtual reality (VR) yang digabungkan dengan augmented reality (AR). Apple sendiri menyebut istilah Apple Vision Pro dengan nama spatial computing.

Apa saja fitur unggulan Apple Vision Pro dibandingkan dengan perangkat sejenisnya ?. Berikut ini adalah 5 fitur unggulan Apple Vision Pro yang telah dihimpun oleh faktualid.com dari berbagai sumber.

1. Optic Recognition

Optic Recognition (Foto : Apple)

Optic Recognition atau Optic ID merupakan fitur baru yang disematkan di Apple Vision Pro. Optic recognition menjadi fitur unggulan Apple Vision Pro yang didukung dengan sensor infra red eye tracking. Yang memiliki fungsi untuk mengenali iris mata pengguna dalam mengakses kunci Vision Pro, mengakses data pribadi dan lain sebagainya. Secara umum, perangkat Apple yang mendukung Face ID dan Touch ID secara otomatis mendukung Optic ID. Selain itu, Optic ID juga menjadi syarat untuk menggunakan Persona Apple.

2. Dual Chipset

Dual Chipset Apple Vision Pro (Foto : Apple)

Apple Vision Pro ditenagai oleh dua chipset sekaligus, yakni chipset M2 dan R1. Chipset M2 yang dipadukan dengan chipset R1 digunakan dalam Apple Vision Pro untuk menjankan sistem operasi berbasis visionOS. Chipset M2 yang memberikan kinerja komputasi fenomenal sekaligus memungkinkan Vision Pro mempertahankan suhu yang nyaman dan bekerja senyap. Sedangkan chipset R1 berfungsi untuk menjalankan sistem serta koputasi secara paralel. Chipset R1 juga dirancang khusus untuk tugas pemrosesan sesnor waktu nyata yang menantang. Yang juga memproses input 12 kamera, lima sensor dan enam mikrofon. Fitur unggulan Apple Vision Pro lainnya yakni, chipset R1 secara virtual menghilangkan kelambatan, mengalirkan gambar baru ke layar dalam waktu 12 milidetik yang delapan kali lebih cepat dari kedipan mata.

Baca Juga : 5 Tips Agar Battery Health Iphone Kamu Tetap Awet!

3. Layar OLED 4K

OLED 4K Vision Pro (Foto : Apple)

Apple Vision Pro mengusung layar OLED 4K dengan dibekali tiga elemen kamera yang mampu menampilkan 23 juta piksel. Fitur unggulan Apple Vision Pro ini mampu menampilkan resolusi dan warna yang menakjubkan dibandingkan dengan TV 4K. Dalam menampilkan resolusi yang tajam, Apple Vision Pro dibekali kamera IR dan Ilumintaor LED. Sedangkan pada bagian luarnya dibekali dengan sensor kamera dan Light Detection and Ranging (LiDAR). Dengan mengusung layer OLED 4K di Apple Vision Pro, akan memberikan pengalaman pengguna menjadi jauh lebih mulus dan imersif.

4. Audio Spatial

Audio Spatial Apple Vision Pro (Foto : Apple)

Fitur unggulan Apple Vision Pro selanjutnya adalah audio spatial. Audio spatial sendiri membuat suara terasa berasal dari sekitar pengguna Vision Pro. Hal ini karena pod audio driver ganda terletak di samping telinga, sehingga menghadirkan suara yang dipersonalisasi sekaligus mendengar apa yang ada disekitar. Audio spatial pada Vision Pro tidak lepas dari adanya sensor sinar audio yang mampu menganalisis sifat akustik ruangan untuk mengadaptasi dan mencocokan suara dengan ruangan pengguna Apple Vision Pro.

Baca Juga : 5 Rekomendasi AI Di Smartphone Untuk Digunakan Sehari-Hari !

5. Terintegrasi Ekosistem Apple

Vision Pro Terintegrasi Ekosistem Apple (Foto : Apple)

Apple Vision Pro yang berbasis sistem operasi visionOS, yang mampu terintegrasi dengan macOS, iOS dan iPadOS menjadi fitur unggulan Apple Vision Pro yang kelima. VisionOS yang dirancang khusus untuk Apple Vision Pro memberikan pengalaman yang dan fungsi yang lebih luas kepada para pengguna. Disisi lain, visionOS dirancang untuk bekerja mulus dengan produk dan layanan Apple lainnya, seperti  Apple Music, Apple TV, App Store dan aplikasi Apple lainnya.

Itulah 5 fitur unggulan Apple Vision Pro dibandingkan dengan VR lainnya yang telah dihimpun oleh faktualid.com. Apple Vision Pro dapat kamu nikmati untuk mendapatkan sensi pengalaman yang berbeda dan menjadi perangkat revolusioner yang pernah diciptakan oleh Apple. **

 

Advertisement

Lanjutkan Membaca