Connect with us

Gadget

5 Tips Agar Battery Health Iphone Kamu Tetap Awet!

Avatar

Diterbitkan

pada

 

battery health iphone

Ilustrasi iPhone (Foto: Istimewa)

Fitur battery health  di iPhone atau kesehatan baterai iPhone yang disematkan oleh Apple khususnya pada line up iPhone series mereka, merupakan fitur yang digunakan sebagai pemantau siklus baterai yang dapat melihat presentase kapasitas maksimal baterai di iPhone. Battery health iPhone bertujuan untuk menjaga performa iPhone agar tetap memiliki performa yang maksimal sehingga pengguna menjadi nyaman menggunakannya.

Penurunan battery health pada iPhone merupakan hal yang wajar. Ini karenakan seiring dengan penggunaan iPhone dalam jangka waktu lama, baterai pada iPhone memiliki masa usia pakai. Namun, hal ini dapat dicegah agar battery health iPhone kamu tetap awet.

Berikut ini adalah tips battery health iPhone supaya tetap awet, yang sudah di rangkum oleh faktualid.com dari berbagai sumber.

1. Menggunakan Charger Original

Foto Ilustrasi Charger iPhone

Penggunaan charger original untuk mengisi daya iPhone merupakan salah satu cara agar battery health iphone tetap awet. Menggunakan charger original menjadi salah cara mengurangi penurunan battery health. Dalam mengisi daya iPhone menggunakan charger original, daya output yang di keluarkan charger sesuai dengan regulasi Apple. Namun jika ingin menggunakan charger pihak ketiga, dapat menggunakan charger yang memiliki sertifkasi Made for Iphone (MFI).

Baca juga: iPhone 15 Pro Meluncur Seharga Rp 15 Jutaan, Siapa Tergoda?

2. Menjaga Suhu iPhone

Foto Ilustrasi Menjaga Suhu iPhone

Tips selanjutnya agar battery health iPhone tetap awet adalah dengan menjaga suhu iPhone. Penggunaan iPhone ketika dalam suhu yang panas dapat menjadi salah satu pemicu battery health iphone turun. Suhu panas pada iPhone salah satunya dapat disebabkan karena menggunakan iPhone dalam keadaan pengisian daya. Hal ini membuat performa pada iPhone harus bekerja lebih keras. Dengan menggunakan iPhone dalam keadaan mengisi daya dapat meningkatkan suhu menjadi tidak stabil dan berakibat penurunan battery health iPhone.

3. Tidak Terlalu Sering Menggunakan Powerbank

Foto Ilustrasi Pengisian Daya Menggunakan Powerbank

Kerap kali ketika dalam keadaan darurat, penggunaan powerbank menjadi salah satu cara agar Iphone tetap terisi daya. Namun penggunaan powerbank yang berlebihan dapat menyebabkan battery health Iphone turun. Lantaran daya voltase yang dikeluarkan powerbank tidak stabil. Sehingga apabila dalam keadaan darurat untuk melakukan pengisian daya Iphone, carilah sumber Listrik terdekat untuk mengisi daya iPhone menggunakan charger bawaan.

4. Mengaktifkan Fitur Optimized Battery Charging

Foto Ilustrasi Fitur Optimized Battery Charging

Fitur optimized battery charging atau pengisian daya optimal yang terdapat pada Iphone menjadi salah satu tips agar battery health iPhone tetap awet. Fitur ini dapat kamu aktifkan melalui pengaturan. Langkah pertama buka pengaturan, kemudian cari pengaturan baterai. Lalu klik battery helath & charging, fitur optimized battery charging dapat kamu aktifkan. Fitur ini berfungsi untuk memperpanjang usia baterai dan menghemat daya baterai. Fungsi lainnya adalah dapat memonitoring kebiasaan para pengguna iPhone ketika melakukan pengisian daya. Dan fitur lainnya ini ketika melakukan pengecasan dalam keadaan suhu iPhone panas akan menampilakan notifkasi berupa pop up yang menginformasikan jika pengisian daya iPhone sedang ditahan guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan serta menjaga battery health iPhone tidak mengalami penurunan.

Baca juga: Bisa Kirim Notifikasi Darurat, Ternyata iPhone 14 Salah Kirim

5. Tidak Menggunakan iPhone Dalam Keadaan Suhu Yang Ekstrem

Foto Ilustrasi Suhu Panas pada iPhone

Tips terakhir agar battery health iPhone tetap awet adalah dengan mengurangi penggunaan iPhone di suhu yang ektrem terlebih di luar ruangan. Ini dapat memicu baterai iPhone panas dan menguras daya konsumsi baterai. Ketika menggunakan iPhone di luar ruangan terlebih terkena paparan teriknya matahari, sistem pada iPhone akan bekerja keras untuk melakukan pendinginan pada mesin dan membuat daya konsumsi baterai iPhone menjadi terkuras. Jika dibiarkan secara terus menerus, dapat membuat battery health iPhone menjadi turun.

Itulah 5 tips agar battery health iPhone tetap awet yang telah dirangkum oleh faktualid.com yang bisa kamu implementasikan agar memperpanjang usia baterai pada iPhone. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement