Connect with us

Politik

Aksi Demo Memanas, DPR Bahas Anggaran Pemilu 2024 dengan KPU dan Bawaslu

Avatar

Diterbitkan

pada

Demo di depan kompleks parlemen Senayan. (Ist).

Demo di depan kompleks parlemen Senayan. (Ist).

FAKTUAL-INDONESIA: Di tengah maraknya aksi demo menolak penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden,  DPR merencanakan agenda rapat untuk membahas tahapan, program, dan anggaran Pemilu 2024.

Ini mengisyaratkan bahwa tidak ada penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden atau presiden 3 periode.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang menatakan, Komisi II DPR RI akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan anggota KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027 pada Rabu (13/4/2022).

“Kami gelar RDP dengan penyelenggara pemilu pada Rabu (13/4/2022), sebelum DPR memulai reses. RDP akan membahas terkait tahapan, program, dan anggaran Pemilu 2024,” kata Junimart  di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/4/2024).

Dia menjelaskan, RDP tersebut dijadwalkan setelah anggota KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027 dilantik Presiden Joko Widodo yang dilaksanakan pada Selasa (12/4/2022).

Advertisement

Junimart menilai seharusnya anggota KPU dan Bawaslu yang baru dilantik diberikan waktu untuk melakukan konsolidasi internal guna menyatukan visi misi dalam upaya penguatan kinerja kelembagaan.
“Namun karena anggota KPU dan Bawaslu yang lama sudah ada program tahapan, maka bisa dilanjutkan dengan sebagian garis bawah,” ujarnya.

Dia mengatakan, Komisi II DPR hanya meminta penjelasan KPU dan Bawaslu terkait program, tahapan, dan anggaran yang sudah diajukan anggota KPU dan Bawaslu periode sebelumnya. Junimart mencontohkan apakah anggaran untuk Pemilu 2024 yang telah diajukan mengalami kenaikan, tetap atau ada revisi.

“Kami mau demokrasi berjalan dengan mantap, tidak perlu dihambat, sepanjang pemerintah ada anggaran, kenapa tidak,” katanya. ***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca