Connect with us

Olahraga

7 Manfaat Lari Zig-Zag, Sebagai Persiapan Olahraga hingga Melatih Massa Otot

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat lari zig-zag

Ilustrasi lari zig-zag (Foto: iStock)

FAKTUAL-INDONESIA: Lari zig-zag merupakan salah satu latihan olahraga untuk melatih kelincahan. Biasanya latihan ini dilakukan sebelum pertandingan sepak bola. Manfaat lari zig-zag untuk meningkatkan performa yang membutuhkan kelincahan untuk melatih otot kaki.

Lari zig-zag adalah lari yang melintasi rintangan di jalur diagonal untuk melatih kemampuan tubuh dalam mengubah arah secara cepat dan tepat. Zig-zag dilakukan dengan melewati jalur berkelok-kelok dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

Dalam sepakbola, latihan ini dianggap efektif guna mempertajam kemampuan dalam menggiring bola. Lari ini juga dapat meningkatkan kerja jantung dan pembuluh darah serta melatih otot kaki. Lantas, apa saja manfaat lari zig-zag bagi kesehatan?

Baca juga: 7 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Lakukan Ini Agar Tidak Cedera

Berikut beberapa manfaat lari zig-zag untuk kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari sehatq dan doktersehat.

1. Membuat tubuh lebih siap untuk berolahraga

Manfaat lari zig-zag yang pertama yaitu membuat tubuh menjadi lebih siap untuk berolahraga. Seseorang yang menjalani lari zig-zag, nantinya akan melakukan gerakan dalam SARQ, yang dapat meningkatkan Speed (kecepatan), Agility (kelincahan), Reactivity (kecepatan bereaksi), dan Quickness (ketangkasan).

Advertisement

Pelatihan SARQ dinilai dapat meningkatkan persiapan berkat gerakan tersebut dalam meniru keterampilan yang dibutuhkan selama kompetisi. Namun kebanyakan olahraga kompetitif yang membutuhkan pola gerakan yang lebih kompleks.

2. Meningkatkan kedisplinan dalam berolahraga

Lari zig-zag yang mencakup latihan SARQ akan meningkatkan keterlibatan tubuh berinteraksi dengan objek atau lingkungan fisik. Latihan tersebut diantaranya lari zig-zag dengan cone, latihan tangga kelincahan, latihan tali, angkat ban berat, dan lainnya.

Latihan diatas sering dilakukan di tempat gym. Menurut sebuah penelitian, manfaat lari zig-zag tersebut akan mendorong displin terhadap program latihan.

3. Meningkatkan massa otot

Manfaat lari zig-zag berikutnya yaitu meningkatkan massa otot. Lari zig zag juga termasuk dalam pelatihan high-intensity functional training (HIFT). Latihan tersebut dapat menekan fungsi, gerakan sendi, dan menggunakan latihan aeroik untuk meningkatkan massa otot.

Lari zig-zag meliputi tenaga untuk melompat, kekuatan otot, dan ketahanan kardiovaskular dalam menyeimbangkan pola rintangan dalam latihan ini. Dengan begitu, Anda bentuk otot yebih baik sebab lari zig zag berdampak pada menurunkan jumlah lemak tubuh.

Advertisement

4. Menyehatkan tulang

Selain meningkatkan massa otot, manfaat lari zig- zag juga dapat menyehatkan tulang. Latihan ini ini ketika dipraktikkan secara rutin akan membantu meningkatkan kandungan mineral tulang yang diperlukan tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga, dapat Meningkatkan Mood

Tulang yang sehat akan berpengaruh dalam peningkatan kelincahan, kecepatan, tenaga, dan kekuatan selama Anda berolahraga. Oleh sebab itu, Anda bisa merutinkan lari zig-zag karena baik untuk kesehatan tulang.

5. Mengurangi risiko cedera

Umumnya setiap jenis olahraga memiliki risiko cedera tersendiri karena alat atau tempat yang digunakan. Manfaat lari zig-zag diketahui mampu mengurangi kemungkinan cedera sebab sudut ketajaman berbelok arah lebih kecil.

Supaya mengurangi kemungkinan cedera, mulai saat ini sebaiknya Anda dapat latihan zig-zag secara teratur.

6. Melancarkan sistem pernapasan

Salah satu manfaat lari zig-zag yang sayang untuk dilewatkan adalah melancarkan sistem pernapasan. Sama seperti olahraga lari lainnya, latihan ini membuat paru-paru menjadi besar. Pasalnya, berlari dapat melatih otot–otot di sekitar dada sehingga pernapasan akan lebih baik.

Advertisement

Jika dilakukan secara rutin, latihan ini akan membuat otot paru – paru menjadi semakin kuat dan fleksibel. Tak hanya itu, lari zig-zag juga dapat menambahkan kapasitas oksigen semakin meningkat. Ketika kapasitas paru-paru meningkat, pernapasan manusia akan semakin lancar dan tubuh semakin sehat serta tidak mudah lelah

7. Melatih Jantung

Manfaat lari zig-zag yang terakhir adalah melatih jantung. Latihan lari zig-zag merupakan olahraga kardio yang menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat ini dapat dirasakan oleh jantung ketika lari zig-zag dilakukan secara teratur.

Seseorang yang berlari zig-zag akan membaut peredaran darah menjadi lancar. Hasilnya, dapat menyehatkan dan membuat jantung lebih kuat. Selain itu, Anda bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.***

Baca juga: 9 Manfaat Skipping Bagi Kesehatan, Dapat Turunkan Berat Badan

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement