Connect with us

Lifestyle

7 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Lakukan Ini Agar Tidak Cedera

Avatar

Diterbitkan

pada

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL INDONESIA: Salah satu manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah melebarkan pembuluh darah dalam tubuh. Kondisi tersebut dapat meningkatkan suplai oksigen pada otot dan jaringan tubuh dengan baik.

Dilansir dari American Heart Association, pemanasan juga dapat meningkatkan detak jantung yang meminimalisir stres pada organ tersebut. Pemanasan dilakukan untuk mencegah cedera dan mempersiapkan tubuh untuk beraktivitas.

Selain mengurangi tekanan pada sendi dan tendon, peregangan mampu menurunkan risiko cedera terhadap seseorang. Pemanasan juga dapat mempersiapkan sistem peredaran darah dan pernapasan untuk menjalani aktivitsa fisik yang akan dilakukan.

Berikut manfaat pemanasan sebelum olahraga yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mencegah Cedera

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang pertama adalah mencegah cedera. Setelah melakukan pemanasan, otot menjadi lebih fleksibel dan halus. Otot lebih tahan banting terhadap gerakan mendadak seperti melompat atau menendang.

Advertisement

Dengan begitu, otot akan terhindar dari kram, sobek atau terkilir. Dengan pemanasan, pasokan nutrisi yang dialirkan ke otot menjadi lebih besar. Jika terjadi cedera, nutrisi tersebut dapat mempercepat proses pemulihan cedera, serta menurunkan insentisitas nyeri otot.

Baca juga: 6 Kesalahan Saat Olahraga yang Sering Dilakukan dan Perlu Dihindari

2. Mencegah Nyeri Punggung Bawah

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang kedua adalah mencegah nyeri punggung bawah. Pemanasan mampu meningkatkan fleksibilitas otot di paha bagian belakang, pinggul dan otot sekitar pinggul.

Otot-otot tersebut berperan dalam mengurangi tekanan pada tulang lumbar belakang, sehingga risiko nyeri punggung bawah setelah olahraga dapat dicegah.

3. Meningkatkan Fleksibilitas

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang ketiga adalah meningkatkan fleksibilitas. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai cara untuk mendukung kesehatan otot secara keseluruhan.

Memiliki otot yang lentur dapat memudah kan sese orang untuk melakukan aktivitas fisik, sekaligus mencegah penurunan fungsi anggota gerak tubuh di kemudian hari.

Advertisement

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang keempat adalah dapat memperbaiki postur tubuh. Pemanasan dapat mencegah ketidakseimbangan otot, yang berdampak pada postur tubuh. Jika pemanasan dilakukan secara rutin, bukan hal yang tidak mungkin jika seseorang memiliki bentuk tubuh ideal.

Baca juga: 7 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga, dapat Meningkatkan Mood

5. Mempeluas Area Gerakan

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang kelima adalah memperluas area gerakan. Jenis pemanasan yang dilakukan meliputi statis dan dinamis.

Pemanasan statis dilakukan dengan meregangkan otot dan menahan di posisi tersebut dalam beberapa saat. Sementara pemanasan dinamis dilakukan dengan melakukan gerakan dalam intensitas ringan secara berulang.

6. Meningkatkan Performa

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang keenam adalah dapat meningkatkan performa. Melakukan olahraga ketika otot dan sendi dalam keadaan fleksibel terbukti dapat meningkatkan performa aktivitas fisik yang dilakukan. Ketika sendi dan otot dalam keadaan fleksibe, bergerak cenderung tidak membutuhkan banyak tenaga.

7. Melancarkan Pernapasan dan Sirkulasi Darah

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang terakhir adalah melancarkan pernapasan dan sirkulasi darah. Gerakan pemanasan berfungsi untuk mengatur pola pernapasan manusia. Orang yang jarang melakukannya cenderung akan sesak napas.

Advertisement

Hal tersebut dikarenakan, tenaga yang digunakan terlalu besar saat melakukan olahraga. Ketika pemanasan rutin dilakukan, aliran darah akan lancar sehingga napas pun juga stabil.

Meningkatnya sirkulasi darah ke otot dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pemanasan mampu menunjang pertumbuhan sel dan fungsi organ dalam tubuh, sehingga tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih lancar.***

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *