Connect with us

Olahraga

Menpora Kukuhkan Atlet APG Indonesia, Yakin Komitmen Untuk Jadi Juara Umum

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Atlet Para Badminton Suryo Nugroho mencium bendera Merah Putih pada pengukuhan atlet APG oleh Menpora di Solo. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengukuhkan atlet ASEAN Para Games (APG) XI Indonesia, di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (25/7/2022).

Kontingen Indonesia yang dikukuhkan itu terdiri 324 atlet, manager 14 orang, pelatih 83 orang, tenaga pendukung 72 orang, Chef de Mission (Cdm) satu orang, wakil CDM dua orang, anggota CDM 33 orang, psikolog lima orang, psikiater empat orang, dokter dua orang dan fisioterapi empat orang. Total jumlah 539 orang.

Dalam sambutannya,Menpora mengatakan pihaknya tidak ragu dengan komitmen atlet Indonesia untuk menjadi juara umum.

“Semua memiliki komitmen agar Indonesia menjadi juara umum. Pemerintah khususnya saya tidak ragu dengan komitmen menjadi juara umum,” kata Menpora dihadapan ratusan atlet.

Advertisement

Oleh karena itu, pemerintah telah memberikan dorongan yang sungguh-sungguh terhadap pembinaan kontingen Indonesia dalam bidang olahraga.

Sejumlah atlet Paralimpiade juga masih turun di ajang APG XI tahun ini. Sehingga diharapkan semangat atlet Paralimpiade yang mampu membawa Indonesia ke posisi 43 dunia diharapkan membawa atlet APG menjadi juara umum.

Atlet Paralimpiade yang turun di APG XI yakni David Jacobs, Ni Made Arianti serta Suryo Nugroho. Lebih lanjut Menpora mengatakan keikutsertaan atlet di APG XI sebagai ajang persiapan ke Paralimpiade 2024 Paris.

“Karena target utama Paralimpide dan desain olahraga nasional Paralimpiade adalah target utama. Sasaran antara adalah ASEAN Para Games dan Asian Para Games,” jelasnya.

Keberhasilan pembinaan yang dilakukan pemerintah adalah pada 2018 berada diperingkat 76 dunia pada Paralimpiade Rio De Jeneiro, Brasil. Paralimpiade Tokyo 2020 pemerintah menargetkan peringkat 60 dunia, tetapi hasilnya berada diperingkat 43 dunia.

Advertisement

“Bahkan ada target mimpi saat ulangtahun Indonesia ke-100 tahun 2045 pada Paralimpiade 2044 kita InsyaAllah bisa berada di peringkat 5 dunia. Hal itu harus jadi pemici atlet supaya bisa maksimal di ASEAN Para Games,” jelasnya lagi.

Pada APG XI yang berlangsung mulai 30 Juli -6 Agustus tersebut, kontingen Indonesia ini akan mengikuti 14 cabang olahraga (cabor).

Ke-14 cabang itu adalah paraatletik, parabadminton, paracatur, paraangkat besi, pararenang, paratenis meja, boccus, parapanahan, sepak bola CP, goalball, basket kursi roda, tenis kursi roda, blind judo, dan voli duduk.

Pada pengukuhan atlet Indonesia tersebut, juga diserahkan bendera Merah Putih dari Menpora  Zainudin Amali  kepada CdM Andi Herman. Perwakilan atlet melakukan penciuman bendera Merah Putih yang dilakukan atlet Para Bulu Tangkis Suryo Nugroho, dan atlet Para-Angkat Berat Ni Nengah Widyasih dan disaksikan juga oleh Ketua NPC Indonesia Senny Marbun. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca