Home Olahraga Kebintangan Djokovic Dorong Ilmuwan Jadikan Nama Siput Temuannya

Kebintangan Djokovic Dorong Ilmuwan Jadikan Nama Siput Temuannya

oleh Bambang

Novak Djokovic mencium piala usai memastikan juara di Wimbledon. (wimbledon.com)

FAKTUAlid – Di antara segudang tropy yang telah diperoleh, Novak Djokovic (Serbia), salah satu yang paling tidak biasa tiba di bulan April ini. Sebuah tim ahli biospeleologi Balkan (word of the day, yang berarti ilmuwan yang mempelajari organisme yang hidup di gua-gua), menamai spesies siput air tawar yang baru ditemukan dengan nama orang besar bintang tenis dunia itu.

Menurut Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam, siput air temuanya dinamai travuniana djokovici, masuk dalam daftar merah spesies terancam, diklasifikasikan sebagai “rentan”.

Dengan Wimbledon keenam dan Grand Slam ke-20 di sakunya, “rentan” bukanlah deskripsi yang muncul di benak saat menggambarkan Djokovic sendiri.

“Saya telah menonton Novak selama 15 tahun dan saya tidak pernah berpikir dia akan menjadi pemain yang luar biasa,” kata juara Wimbledon tiga kali John McEnroe. “Kita berbicara tentang status total seperti dewa – dan dia tidak pernah lebih baik dari dia sekarang,” sambung McEnroe.

Pada usia 34, kekuatan Djokovic semakin cepat. Untuk semua yang dia nyatakan dirinya “merasa terhormat berada dalam percakapan” untuk mengidentifikasi pemain terhebat sepanjang masa.

Jika dibandingkan dengan rivalnya, Roger Federer (Swiss), yang menjalani dua operasi lutut dari tahun lalu dan sekarang kurang dari sebulan sebelum ulang tahunnya yang ke-40, kini mulai terlihat memudar. Demikian halnya Rafael Nadal (Spanyol), setelah kalah dari Djokovic di empat besar di Roland-Garros, mengundurkan diri dari Wimbledon dan Olimpiade bulan ini di Tokyo “untuk memulihkan diri”. Jika dia tidak dapat menambah penghitungan Grand Slamnya sendiri pada saat Roland-Garros tahun depan, mungkin Nadal sudah cukup di akhir karier.

Tapi Djokovic diyakini masih akan terus bersinar setelah menemukan ‘kepercayaan diri’ juara di Wimbledon dan Roland Garros. Ia pun tengah mengincar mencetak Golden Grand Slam dengan menuntaskan musim ini untuk berusaha merebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020 serta jawa di AS Terbuka. ****

You may also like

Tinggalkan Komentar