Home Olahraga Juara Wimbledon Yunior, Mintegi del Olmo Generasi Masa Depan Tenis Spanyol

Juara Wimbledon Yunior, Mintegi del Olmo Generasi Masa Depan Tenis Spanyol

oleh Bambang

Ane Mintegi del Olmo jadi juara di Wimbledon Yunior. (ist)

FAKTUALid – Ane Mintegi del Olmo (Spanyol) bangkit dari satu set dan break down untuk mengatasi Nastasja Schunk (Jerman) dan menjadi petenis Negeri Matador pertama yang memenangkan gelar tunggal putri di Wimbledon.

Ane Mintegi del Olmo menambahkan namanya ke daftar juara Grand Slam yunior di Wimbledon pada hari Minggu (11/7/2021) dan membuat sejarah bagi bangsanya Spanyol dalam prosesnya. Ia mengalahkan sesama pemain berusia 17 tahun Schunk lewat tiga set 2-6, 6-4 dan 6-1 untuk menjadi petenis Spanyol pertama yang merebut gelar tunggal putri dalam sejarah Wimbledon.

“Saya gadis pertama dari Spanyol yang memenangkan Wimbledon [tunggal putri], jadi saya sangat senang dan itu luar biasa,” kata Mintegi del Olmo, dalam konferensi pers pasca-pertandingannya.

Butuh lebih dari dua jam bagi Mintegi del Olmo untuk mengklaim trofi juara di Lapangan No.1, berjuang kembali dari satu set dan satu break untuk mengalahkan Schunk dan meraih gelar Grand Slam junior pertamanya. Ia memenangkan hampir setengah dari poin yang mengembalikan servis kedua Schunk, membantunya mendapatkan satu break servis lebih banyak dari lawannya untuk meraih kemenangan dari belakang.

Permainan agresif dari tangan kiri Schunk memberinya tingkat keberhasilan 82 persen di net, tetapi pemain Jerman itu membuat 41 unforced error, dibandingkan dengan hanya 24 dari Mintegi del Olmo.

“Set pertama, [Schunk] bermain luar biasa,” kata Mintegi del Olmo. “Saya tidak punya apa-apa untuk dikatakan. Dia bermain sangat bagus di set pertama. Kemudian saya melakukan servis lebih baik di set kedua, dan di set ketiga saya bermain sangat baik,” lanjutnya.

Ane Mintegi del Olmo memegang tropy Wimbledon Yunior yang direbutnya. (ist)

Di awal pertandingan, operan-operan kuat yang dipadukan dengan forehand yang kuat untuk membantu Schunk membangun keunggulan 3-1 di awal pertandingan. Schunk kemudian mematahkan servis untuk memimpin 5-2 dan melakukan servis untuk set tersebut, di mana Mintegi del Olmo menangkis dua set point dan menggunakan kedalaman tembakan untuk mencapai break point. Schunk menggunakan forehand kirinya untuk menahan dan memimpin satu set.

“Di set pertama saya sedikit gugup, tapi perlahan, perlahan ketika saya menyelesaikan set pertama, [saraf] saya turun dan saya mulai bermain lebih baik,” kata Mintegi del Olmo.

Meski kalah di game pembuka set kedua, Mintegi del Olmo terus menunjukkan performa yang membaik, dan dengan cepat membalas 1-1. Mintegi del Olmo menggunakan berbagai bobot pada tembakannya dan pertahanan yang luar biasa untuk menarik lebih banyak kesalahan dari Schunk, dan pemain Spanyol itu memimpin 5-3 setelah melepaskan tembakan balik yang kuat untuk mematahkan Schunk.

Servis untuk set kedua, Mintegi del Olmo kehilangan kendali atas tembakannya untuk menjatuhkan servis, tetapi petenis Spanyol itu mendapat peluang lebih besar di game berikutnya ketika Schunk tertinggal 0-40, mengantri tiga set point. Pada set point keduanya, Mintegi del Olmo keluar sebagai yang teratas dalam sebuah reli, dan pertandingan itu seimbang pada masing-masing satu set.

Setelah mengamankan dua break point pada kedudukan 1-1, Mintegi del Olmo mengambil kendali, menggunakan putaran dan servis winner yang tepat waktu untuk memenangkan lima game terakhir dari pertandingan tersebut. Sebuah pemenang lewat memberi Mintegi del Olmo memimpin 5-1 dan kesempatan untuk melayani untuk pertandingan, dan meskipun Schunk menggunakan permainan kekuatannya untuk menghapus empat match point, Mintegi del Olmo dikonversi kelima untuk memecahkan tanah baru bagi Spanyol.

Kedua finalis junior ini sudah mulai membuat heboh di ajang WTA musim ini. Mintegi del Olmo mendorong mantan pemain Top 10 Kristina Mladenovic ke tiebreak set terakhir di kualifikasi Madrid. Schunk memenangkan dua pertandingan untuk lolos ke undian utama Stuttgart di kandang sendiri, sebelum kalah dari Belinda Bencic dalam debutnya di undian utama WTA.****

You may also like

Tinggalkan Komentar