Home News Pekerja Migran Terus Berdatangan di Asrama Haji Surabaya

Pekerja Migran Terus Berdatangan di Asrama Haji Surabaya

oleh Akbar Surya

Pekerja migran saat tiba di Asrama Haji Surabaya. (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Sebanyak 99 pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari Singapura menjalani karantina Asrama Haji Surabaya. Mereka tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya menggunakan pesawat Tiger Air yang mendarat pukul 09.35 WIB, Selasa (20/7/2021) dan langsung menjalani karantina di tempat tersebut.

Menurut Kepala UPT P2TK Disnakertrans Jatim, Budi Raharjo, semua PMI yang turun di Bandara Internasional Juanda ini langsung didata oleh petugas, selanjutnya diantar oleh armada Dinas Perhubungan Jatim menuju Asrama Haji. “Ketika sampai di Asrama Haji, dan diwajibkan cuci tangan serta disemprot barang bawaannya. Dilanjutkan registrasi, swab PCR, dan check in kamar masing-masing,” ujarnya, Selasa (20/7/2021).

Data Laporan Harian Posko Penanganan Pemulangan PMI per 19 Juni 2021, tingkat keterisian kamar di Asrama Haji Surabaya tercatat 68.92%. Persentase itu meliputi, 1555 bed sudah terpakai dan 701 bed tersisa.

Sementara untuk keterisian kamar karantina di asrama diklat Kemenag Jl Ketintang Surabaya tercatat 29.01%. Dari persentase tersebut, sebanyak 112 bed terpakai dan 274 masih tersisa.

Seluruh biaya karantina pekerja migran ditanggung oleh Pemprov Jatim, sehingga pekerja migran tidak perlu membayar sepeser pun. “Jadi selama ini Alhamdulillah tidak ada info atau rumor pungutan liar atau sebagainya, aman, semua bekerja sama dengan baik,” ujarnya.

Pekerja migran yang terkonfirmasi positif Covid-19 selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI). Begitu juga dengan rekan sekamarnya, akan kembali dites. Jika negatif, akan dipindah kamar, dan jika positif, akan dibawa ke rumah sakit lapangan.

Hingga 19 Juni 2021, menurut data Laporan Harian Posko Penanganan Pemulangan PMI, jumlah PMI yang terinfeksi Covid-19 bertambah 41 orang, sehingga total sudah 569 orang yang terkonfirmasi positif.

Dari jumlah itu, PMI yang melakukan isolasi di RS Lapangan Indrapura Surabaya sebanyak 247 orang, di RSUD dr Soetomo sebanyak 12 orang, isolasi Zam-zam Asrama Haji 2 orang, isolasi di kabupaten dan kota 6 orang dan isolasi mandiri 302 orang.

Hingga saat ini, total sudah 18.167 PMI yang dipulangkan ke daerah asal masing-masing. Dari jumlah itu sebanyak 14.277 PMI pulang dengan dijemput oleh pemerintah daerah masing-masing, dan 3.672 PMI pulang dijemput oleh keluarganya. Sedangkan sisanya, 218 orang pulang secara mandiri.***

 

Tinggalkan Komentar