Connect with us

Nusantara

Bunga Raflesia Arnoldi Mekar Sempurna di Kabupaten Agam

Avatar

Diterbitkan

pada

Bunga raflesia arnoldi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Satu individu bunga bangkai atau bunga raflesia arnoldi  (Rafflesia arnoldii) mekar sempurna di halaman rumah warga di Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Pemilik bunga raflesia, Joni Hartono mengatakan bunga raflesia itu dengan kondisi mekar sempurna pada hari kedua.

“Bunga ini mekar persis di depan rumah milik orang tua saya dan saat ini mekar sempurna pada hari kedua,” katanya di Lubukbasung, Agam, Rabu (13/4/2022).

Ia mengatakan di lokasi itu masih ada knop atau bonggol sebanyak 20 buah dengan berbagai ukuran di sekitar bunga yang mekar tersebut.

Diperkirakan dalam beberapa pekan ke depan, bunga langka dan dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya itu bakal mekar sempurna.

Advertisement

“Kemungkinan dalam beberapa minggu ke depan, satu knop akan mekar sempurna,” ujarnya seperti dikutip dari antaranews.com.

Inang bunga raflesia arnoldi itu, tuturnya, pertama kali ditanam di halaman rumah orang tuannya pada tahun 2000.

Pada 2009, tuturnya, bunga tersebut pertama kali mekar sempurna dan saat ini sudah 15 kali bunga raflesia itu mekar sempurna.

“Budidaya bunga raflesia tidak terlalu susah, dan hanya butuh waktu cukup lama menunggu untuk mekar sempurna,” katanya.

Lokasi ini sering dikunjungi wisatawan mancanegara saat bunga raflesia itu dalam kondisi mekar sempurna.

Advertisement

Batang Palupuh berjarak sekitar 102 dari Kota Padang atau Ibu Kota Provinsi Sumbar dan sekitar 12 kilometer dari Kota Bukittinggi.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement