Home NasionalNusantara Provinsi Jatim Ditargetkan Vaksinasi 300 Ribu Dosis Per hari

Provinsi Jatim Ditargetkan Vaksinasi 300 Ribu Dosis Per hari

oleh Akbar Surya

Foto: Istimewa

FAKTUALid – Provinsi Jatim ditargetkan melakukan vaksinasi hingga 300 ribu dosis per hari mulai Senin (5/7/2021) besok. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa langsung meminta jajarannya untuk mengevaluasi berapa sisa stok vaksin yang tersedia, agar percepatan agar target itu bisa tercapai.

Kenyataan itu diungkap Gubernur Khofifah dalam rakor yang diikuti enam kabupaten/kota seperti Surabaya, Banyuwangi, Kab Kediri, Sidarjo, Jombang dan Kota Malang. “Koordinasi dan evaluasinya harus nyekrup (sinkron) agar percepatan vaksinasi bisa dilakukan,” ujarnya, Minggu (4/7/2021).

Pihaknya meminta Kepala Dinas Dinas Kesehatan untuk melaporkan berapa stok vaksin sinovac atau astra zeneca untuk dosis pertama dan kedua. Kalau stok vaksin itu habis, pihaknya akan mengajukan lagi ke Menteri Kesehatan.

Gubernur juga meminta kalau ada kabupaten kota yang sudah melebih target 100 persen tapi yang lain ada yang kekurangan stok, untuk segara saling berkoordinasi. Sehingga bila terjadi kendala, bisa segera diatasi.

Sementara, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto mengatakan, pihaknya bersama Polda Jatim memiliki tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan yang bisa membantu percepatan vaksinasi. Jika ingin target 300 ribu vaksinasi per hari tercapai, dia berharap semua pihak untuk mengesampingkan ego sektoral.

Setiap kabupaten/kota, kata dia, pasti ada kendala mungkin dari stok vaksin atau jumlah tenaga kesehatan. “Untuk itu, mengesampingkan ego sektoral saat ini sangat penting agar target 300 ribu dosis vaksin per hari untuk Provinsi Jawa Timur bisa tercapai,” ujarnya.

Saat ini, kata Mayjen Suharyanto, pemerintah pusat baru menargetkan 1 juta dosis vaksin per hari dan Provinsi Jatim ditarget 300 ribu dosis per hari. Tidak menutup kemungkinan kalau pusat targetnya naik 2 juta per hari, maka target untuk Jatim juga pasti akan dinaikkan.

Pada bagian lain, Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menyatakan bahwa seluruh jajaran Polda Jatim di wilayah Jawa Timur setiap hari masih terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi. Orang nomor satu di Polda Jatim itu juga sudah memerintahkan para Kapolres, Kapolsek hingga Bhabinkamtibmas di seluruh Jatim untuk terus membantu.***

Tinggalkan Komentar