Connect with us

Nasional

Rangkaian Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi upacara perayaan 17 Agustus.(ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Rangkaian perayaan ulang tahun HUT Kemerdekaan RI ke-78 akan diawali dengan acara zikir bersama pada 1 Agustus mendatang.

Tahun ini perayaan ulang tahun kemerdekaan mengusung tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

“Sebagaimana biasa agenda bulan kemerdekaan di Istana akan diawali dengan zikir dan doa kebangsaan pada tanggal 1 Agustus,” kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, Senin (31/7/2023).

Zikir menandai doa agar pelaksanaan peringatan HUT Kemerdekaan RI berjalan lancar. Sebelum upacara 17 Agustus, dilakukan penganugerahan tanda kehormatan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada 14 Agustus.

Setya menyebut, upacara detik-detik proklamasi dan upacara pengibaran bendera di Istana akan dilaksanakan sepenuhnya secara luring atau fisik.

Advertisement

“Masyarakat diharapkan dapat hadir untuk mengikuti upacara tersebut secara luring dan dipersilakan untuk mendaftarkan diri melalui sistem aplikasi pandang Istana,” kata Setya.

Upacara oleh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah bisa menyesuaikan dengan pemerintah pusat. Pemerintah akan menerbitkan pedoman pelaksanaan upacara di kementerian, lembaga dan daerah.

Menurut Setya HUT ke-78 RI tema “Terus Maju Untuk Indonesia Maju” merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, berkolaborasi bersama, dan memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju.

Menurut Setya, perayaan HUT ke-78 RI ini akan berbeda di tahun-tahun sebelumnya yang terhalang pandemi. Berikut agenda lengkap perayaan kemerdekaan RI pada bulan Agustus yang dipaparkan Setya:

1 Agustus 2023 : Setya menjelaskan pada Selasa (1/8) malam akan dilaksanakan zikir kebangsaan di Istana Merdeka. Agenda ini merupakan jadwal yang tetap dilakukan Istana.

Advertisement

5 Agustus 2023 : Pemerintah lewat Kemenparekraf menggelar pertunjukkan angklung terbesar di dunia yang melibatkan lebih dari 15.000 pemain angklung. Acara akan digelar di Sabtu (5/8) pukul 19.30 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

6 Agustus 2023 : Selanjutnya akan ada acara Istana Berkebaya di Istana Merdeka pada pukul 15.30 WIB hingga 17.45 WIB. Para tokoh inspiratif Indonesia disebut akan menghadiri acara ini. Pemerintah juga berharap agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi.

14 Agustus 2023 : Upacara penganugerahan tanda kehormatan Republik Indonesia bakal digelar di Istana pada 14 Agustus 2022.

15 Agustus 2023 : Sehari setelahnya, pemerintah bakal mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka Paskibraka yang akan bertugas di Istana.

16 Agustus 2023 : Keesokan harinya ada pidato kenegaraan dan pidato penyampaian RAPBN yang akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta.

Advertisement

17 Agustus 2023 : Pada dini hari tanggal 17 Agustus, akan ada upacara apel kehormatan dan renungan suci. Acara pun dilanjutkan dengan upacara peringatan detik-detik proklamasi pada pagi hari didahului dengan kirab bendera pusaka. Pada sore hari, juga ada acara penurunan bendera.

“Dilanjutkan pada acara intinya upacara peringatan detik-detik proklamasi dan upacara penurunan bendera pada 17 Agustus 2023 didahului dengan kirab bendera pusaka dan pertunjukan seni dan kami mengajak kepada saudara semua untuk hadir dan menyaksikan kemeriahan dari kirab tersebut yang mungkin di tahun-tahun sebelumnya tidak diadakan,” kata Setya.

Selain itu, pemerintah juga mengadakan Gemilang Silang Monas tepat pada HUT ke-78 RI. Gemilang Silang Monas merupakan pertunjukkan video mapping yang dimulai pukul 15.30 WIB hingga 22.00 WIB. Selain video mapping, acara ini juga menampilkan berbagai tarian, persembahan musik, bazzar, dan pertunjukan kembang api.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca