Connect with us

Ibu Kota

Komisi Pembangunan DPRD DKI Optimis Konstruksi Formula E Rampung 1 Mei dan Dilanjut Tribun Penonton

Avatar

Diterbitkan

pada

Balap Formula E yang akan hadir di Sirkuit Ancol. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Progres pengerjaan lintasan balap Formula E di Ancol telah mencapai 87 persen lebih dan akan dilanjut dengan tribun penonton untuk kapasitas 10 ribu penonton.

Komisi D DPRD DKI Jakarta yang membidangi pembangunan memperkirakan seluruh proyek Formula E Jakarta hingga fasilitas pendukungnya rampung pada 1 Mei 2022. “Semua 100 persen selesai 1 Mei,” kata Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Syarif, di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (25/3/2022).

Berdasarkan catatan BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pelaksana ajang balap mobil listrik menyebut konstruksi untuk sirkuit hingga Jumat sudah mencapai 87,9 persen.

Menurut Syarif, dirinya optimistis awal April 2022 pengerjaan sirkuit atau lintasan sudah rampung walau mundur dua hingga tiga hari karena ada peninjauan ulang dari panitia.

Ditambahkan Syarif, berikutnya akan dilanjutkan dengan pembangunan tribune penonton, pembatas dan garasi tim pebalap (paddock) serta konstruksi lain seluruhnya diperkirakan selesai 1 Mei 2022.

Advertisement

“Kami apresiasi pekerjaan yang dikerjakan Jakpro,” ucap Syarif. “Kami pikir masyarakat sudah menanti, tidak sabar melihat balapan Formula E di Ancol ini ,” sambungnya disela-sela meninjau pembangunan sirkuit Formula E Jakarta.

Dijelaskan Syarif, kapasitas bangku penonton di tribue diperkirakan mencapai minimal 10 ribu orang dan masih akan terus dievaluasi kembali.

“Yang saya dengar itu tribun, paddock, dan lain-lainnya sudah dibuat, dan  tidak permanen seperti aspal,” tutur Syarif.

Sementara Penasihat Sirkuit Formula E dari tim teknis Ikatan Motor Indonesia (IMI), Irawan Sucahyono, menuturkan kapasitas penonton diperkirakan 10 ribu di tribun, dan kemungkinan terus berkembang serta akan ditinjau kembali oleh Formula E Operation (FEO).

“Untuk itu tribun penonton rampung harus menunggu trek selesai,” jelas Irawan.

Advertisement

Balap mobil listrik Formula E Jakarta 2022 atau Jakarta E- Prix di Ancol akan berlangsung pada 4 Juni 2022. Ajang ini diharpan juga sebagai ‘soasiliasi’ perpindahan teknologi dari mobil BBM ke tenaga listrik untuk ke depannya.

Konstruksi sirkuit dikerjakan oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan waktu pengerjaan diperkirakan selama 54 hari dengan anggaran Rp60 miliar.

Tercatat lintasan Formula E Jakarta memiliki panjang 2,4 kilometer dengan lebar 12 meter dan 18 tikungan dengan pemandangan laut dan Jakarta International Stadium (JIS). ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement