Connect with us

Kuliner

Simak, Ini 6 Cara Sehat Makan Daging saat Idul Adha

Avatar

Diterbitkan

pada

cara sehat makan daging saat idul adha

Ilustrasi olahan daging (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Setelah melaksanakan Sholat Id Idul Adha, masyarakat Indonesia melanjutkannya dengan memotong hewan kurban. Nantinya, daging tersebut akan dibagikan kepada warga sekitar. Setelahnya, kita akan mengolah dan menyantap daging sapi ataupun kambing. Supaya aman, ketahui cara sehat makan daging saat Idul Adha.

Idul Adha atau biasa disebut lebaran Haji identik dengan sajian daging. Pada daging kambing maupun sapi, dikenal khasiat dan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Disamping itu, dalam daging merah terkandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL).

Disarankan untuk membatasi makan daging saat Idul Adha. Sebab, bisa memicu risiko terkait penyakit jantung, kolesterol, dan hipertensi jika dikonsumsi berlebih. Maka dari itu, terapkan cara sehat makan daging saat Idul Adha agar tubuh tidak mengalami gangguanan kesehatan.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Jeruk Seusai Makan Daging, Ampuh dan Menyegarkan!

Berikut beberapa cara sehat makan daging saat Idul Adha yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Pilih daging yang tepat

Cara sehat makan daging saat Idul Adha yang pertama yaitu memilih daging yang tepat. Usahakan mengolah bagian paha karena lemak dibagian tersebut cenderung sedikit.Sementara itu, jika kita melihat serat bergaris putih atau gajih pada daging yang masih mentah, buang bagian tersebut. Hindari jeroan bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi.

Advertisement

2. Bersihkan daging

Untuk membersihkan daging, umumnya dilakukan dengan mencucinya dengan air. Namun, hindari metode ini jika daging tidak ingin diolah di hari yang sama. Sebaiknya, bersihkan daging dengan tisu hingga benar-benar bersih.

Pada daging yang disimpan, bukan langsung dimasak, pastikan daging sudah dalam kondisi kering dan tidak ada sisa air.

3. Perhatikan metode memasak

Cara sehat makan daging saat Idul Adha berikutnya yaitu memerhatikan metode memasak. Membakar, merebus, memanggang daging merah adalah pilihan yang lebih sehat daripada menggoreng. Sebagai alternatif, daging juga bisa diolah menjadi bakso.

Ahli gizi menganjurkan agar daging direbus. Selain lebih sehat dan enak, bau daging akan hilang ketika direbus. Selain itu, cara sehat makan daging saat Idul Adha lebih baik menggunakan bumbu alami karena akan lebih sehat dan bahkan bisa mencegah penyakit. Batasi penggunaan bumbu kemasan siap saji seperti garam, lemak, santan, kecap, atau gula.

Baca juga: Siap Mengolah Daging Kambing Kurban, Begini Caranya

4. Hindari daging olahan

Dalam studi 2010, para peneliti menemukan bahwa makan setara dengan satu hot dog atau beberapa potong bacon atau daging olahan, dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 42 persen lebih tinggi dan risiko diabetes tipe 2 sembilan belas (19) persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang makan daging mentah.

Advertisement

5. Masukkan sayuran dan buah-buahan

Salah satu cara sehat makan daging saat Idul Adha yang perlu diterapkan adalah menambahkan sayur dan buah. Perhatikan asupan daging dan imbangi dengan asupan sayuran dan buah-buahan sebagai makanan pendamping atau penutup. Tidak hanya mengandung serat, sayuran dan buah-buahan juga berfungsi mengurangi efek samping akibat konsumsi daging yang berlebihan.

6. Makan porsi kecil

Cara sehat makan daging saat Idul Adha yang terakhir adalah makan dalam porsi kecil. American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk memilih potongan daging tanpa lemak dan tidak lebih dari 3 ons per hari.

Maka dari itu, sabaiknya makan daging sebanyak 3-4 porsi saja per hari. Pasalnya, asupan daging merah yang terlalu banyak dapat menimbulkan mual dan pusing, serta berisiko menyebabkan hipertensi, obesitas, asam urat, dan kolesterol tinggi.***

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Bisa Tahan Berbulan-bulan!

Advertisement
Lanjutkan Membaca