Home LifestyleKuliner 7 Ciri-Ciri Ikan Segar dan Sehat untuk Dimasak dan Dikonsumsi

7 Ciri-Ciri Ikan Segar dan Sehat untuk Dimasak dan Dikonsumsi

oleh Hana Chaniago
ciri-ciri ikan segar

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Sebelum memasak, ada baiknya kamu mengetahui ciri-ciri ikan segar yang layak dan sehat untuk dikonsumsi. Ikan menjadi salah satu protein hewani yang diminati banyak orang. Meski terlihat segar dari fisik, belum tentu ikan tersebut sehat.

Apalagi kita tidak melihat secara langsung, akan lebih sulit untuk membedakan ikan segar dan busuk. Mengetahui karakteristik ikan segar dan sehat ini perlu dilihat secara teliti dan langsung. Hal ini tidak merlaku jika membeli ikan melalui online agar lebih praktis.

Berikut ciri-ciri ikan segar yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Mata Ikan Cerah

Ciri-ciri ikan segar yang pertama adalah mata ikan terlihat cerah. Mata ikan yang segar cenderung akan melotot, cerah, segar dan tidak kusam. Bentuk mata yang cekung ke dalam menandakan bahwa ikan tersebut tidak cukup sehat.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua jenis ikan. khususnya ada beberapa ikan air tawar yang memang memiliki mata cenderung kusam, seperti ikan lele. Tidak hanya itu, untuk ikan air laut dengan mata kusam meliputi ikan kakap dan ikan kerapu.

2. Insang Berwarna Merah

Ciri-ciri ikan segar yang kedua adalah insang berwarna merah. Badan Riset dan SDM Kelautan Perikanan memaparkan, ikan segar juga dapat diketahui dari warna insang di dalamnya. Ciri ikan segar kali ini yaitu warna insang sedikit kemerahan dan berbau segar.

Warna merah disini menyerupai warna darah yang segar. Jadi, bagaimana warna insang pada ikan tidak segar? akan cenderung berwarna coklat dan keabu-abuan. Jadi, pastikan untuk melihat warna insang ikan tersebut sebelum membelinya.

3. Ikan Berlendir Bening

Ciri-ciri ikan segar yang ketiga adalah ikan berlendir bening. Ikan yang memiliki badan berlendir bening termasuk ke dalam kategori ikan sehat dan layak untuk dikonsumsi. Lendir di sini biasanya ada pada keseluruhan kulit ikan dan tidak berbau.

Apabila ada lendir yang menutupi insang, itu bukanlah tanda ikan segar. Melainkan termasuk ikan yang tidak baik untuk dimakan. Bisa juga dilihat dari warna lendir yang cenderung kusam dan gelap. Itu merupakan tanda ikan sedang mengalami pembusukan.

4. Tidak Berbau Aneh

Ciri-ciri ikan segar yang keempat adalah tidak berbau aneh. Sebaiknya, ikan yang berbau amis berlebihan menandakan itu tidak layak untuk dikonsumsi. Dilansir dari healthfully.com, aroma ini biasanya menandakan proses saluran pencernaan ikan mengandung enzim.

Saat ikan mati, enzim ini membantu bakteri dalam menembus dinding lambung. Hal ini menyebabkan daging ikan akan membusuk dan mengeluarkan bau seperti amonia atau bau amis yang menyengat. Faktor lainnya yakni cara penyimpanan yang tidak tepat juga dapat membuat ikan tidak segar.

Baca juga: 8 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan, Salah Satunya Burger dan Kentang

5. Ekor Kaku dan Keras

Ciri-ciri ikan segar yang kelima adalah ekor kaku dan keras. Bagaimana dengan tampak fisik ekor tersebut? ikan yang sehat biasanya ekor akan terasa kaku dan padat jika dipegang.

Kamu bisa mencoba untuk memegangnya pada bagian ekornya. Warna dari ekor juga akan cenderung menyerupai warna daging dari tubuhnya. Tidak kusam dan terlihat cerah. Ikan yang busuk akan memiliki warna coklat dan keabu-abuan. Tidak jarang, ikan yang segar ekornya terlihat tidak bagus.

6. Sisik Menempel

Ciri-ciri ikan segar yang keenam adalah sisik ikan menempel. Bicara soal ikan, tidak jauh dari insang dan sisik. Untuk ikan yang segar, sisik akan menempel kuat pada tubuh dagingnya. Di luar itu, diketahui bahwa sisik ikan memiliki manfaat yang cukup beragam untuk kesehatan.

Harvard Heart Publishing menemukan bahwa sisik pada ikan jika dikonsumsi dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular itu meliputi:

7. Perut Elastis

Ciri-ciri ikan segar yang terakhir adalah perut elastis. Perut pada ikan perlu diraba-raba untuk mengetahui apakah ikan masih segar atau tidak. Dilansir dari Dinas Perikanan Kabupaten Pemekasan, ciri-ciri ikan segar lainnya yaitu perut terasa elastis dan tidak terasa jika ditekan.

Keras di sini artinya dalam perut ikan tidak ditemukan gumpalan benjolan yang mencurigakan. Elastis pada perut ini tandanya ikan tersebut dapat diolah dalam masakan. Misalnya, menjadi ikan goreng, ikan bakar dan sup ikan.***

You may also like

Tinggalkan Komentar