Home Lifestyle 7 Cara Budidaya Ikan Lele bagi Pemula, Mudah Diterapkan

7 Cara Budidaya Ikan Lele bagi Pemula, Mudah Diterapkan

oleh Farhan Zuhdi
cara budidaya ikan lele

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Belakang ini, banyak sekali masyarakat mulai membudidayakan beberapa hewan yang sering dikonsumsi, salah satunya ikan lele. Selain banyak hal menguntungkan, cara budidaya ikan lele pun tegolong cukup mudah.

Budidaya ikan lele merupakan alternatif bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah. Harganya yang murah serta rasanya yang gurih dan memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh menjadi alasan banyak masyarakat mengonsumsinya.

Jika kamu tertarik, budidaya ikan lele bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan bagi pemula. Meski terlihat mudah, penting untuk mengetahui cara budidaya ikan lele dengan benar. Dengan tingginya minat masyarakat, tentu usaha ternak ikan lele bisa laku keras di pasaran.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Ikan Segar dan Sehat untuk Dimasak dan Dikonsumsi

Berikut beberapa cara membudidayakan ikan lele yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Pembuatan kolam

Cara budidaya ikan lele yang pertama yaitu mempersiapkan pembuatan kolam. Ada beberapa jenis kolam yang bisa digunakan untuk membudidayakan ikan lele, mulai dari kolam semen, kolam tanah, kolam terpal, hingga keramba.

Jika kamu tinggal di daerah yang padat penduduk dan ingin terlihat simpel, kolam terpal bisa menjadi pilihan tepat. Suhu air yang disarankan untuk kolam lele adalah 20-28 derajat celcius. Perhatikan juga saat mengisi air, usahakan tidak terlalu dangkal karena bisa membuat ikan mati kepanasan.

Selain itu, jangan lupa jaga keseimbangan pH air dengan memberi garam krosok untuk mencegah munculnya jamur.

2. Pilih benih yang berkualitas

cara budidaya ikan lele

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Memilih benih yang berkualitas merupakan salah satu cara budidaya ikan lele yang harus diperhatikan. Hal ini perlu kamu perhatikan agar ikan lele selalu sehat dan tumbuh dengan cepat.

Beberapa ciri benih ikan lele yang sehat sebagai berikut:

  • Gerakannya lincah.
  • Tidak ada cacat atau luka di tubuh.
  • Bebas dari bibit penyakit.
  • Gerakan renang normal.

Ukuran ideal bibit ikan lele berkualitas sekitar 5-7 cm dan sangat agresif ketika diberi makanan karena mereka sangat dominan lincah.

Jika bingung, kamu bisa mencoba memilih bibit lele jenis dumbo. Bibit lele ini memiliki perawatan yang terbilang mudah dan tidak ribet serta memiliki kualitas yang baik dan tahan dari penyakit.

3, Pilih waktu yang tepat untuk menebar benih

Cara budidaya ikan lele berikutnya yaitu memilih dan memperhatikan waktu yang tepat untuk menebar benih. Untuk melakuakannya, taruh sebagian bibit lele pada ember. Lalu, letakkan ember di dalam kolam sampai benih ikan lele keluar dengan sendirinya.

Kamu bisa menebar benih ikan lele pada pagi dan malam hari karena merupakan waktu yang tepat agar lele lebih tenang. Selain itu, hindari memasukkan bibit ikan lele secara bersamaan karena bisa membuat lele menjadi stres dan berujung mati.

4. Sesuaikan ukuran ikan lele

cara budidaya ikan lele

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain memilih waktu yang tepat untuk menebar benih, cara budidaya ikan lele yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikan atau memisahkan ukuran ikan lele sesuai ukuran tubuhnya. Hal ini perlu dilakukan karena ikan lele berjenis karnivora dan memiliki sifat kanibal.

Baca juga: 7 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sehat dan Nampak Indah

Untuk itulah kamu perlu memisahkannya. Terutama ikan lele yang memiliki tubuh kecil agar ikan dewasa tidak menyakiti ikan lele bertubuh kecil. Umumnya, cara ini diterapkan setelah benih berusia 20 hari yang bertujuan untuk menjaga kualitas ikan lele tetap baik.

5. Periksa kualitas air dan kedalam kolam

Salah satu cara budidaya ikan lele yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kualitas air dan kedalaman kolam. Pastikan kedalaman kolam dibuat dan tetap berada dengan ukuran 20 cm pada bulan pertama, 40 cm pada bulan kedua, dan 80 cm pada bulan ketiga.

Agar ikan tidak kepanasan, kamu bisa memberikan tamanan air di dalam kolam. Tak hanya itu, tanaman air tersebut juga berfungsi sebagai penyerap racun agar air tetap sehat untuk dihuni.

6. Pemberian pakan

cara budidaya ikan lele

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Saat membudidayakan ikan lele, tentu kamu perlu memperhatikan pemberian pakan untuk ikan lele. Pilih jenis pakan sentrat 781-1 karena memiliki nutrisi yang baik. Lakukan pemberian pakan pada pagi, sore, dan malam hari.

Jangan lupa untuk melakukan penimbangan setiap 10 hari sekali untuk penyesuaian jumlah pakan yang perlu diberikan.

7. Panen ikan lele

Cara budidaya ikan lele yang terakhir adalah panen ikan lele. Panen umumnya bisa kamu lakukan setalah 3 bulan. Waktu 3 bulan merupakan waktu yang tepat karena ikan sudah tumbuh semakin besar dan siap untuk dipanen.

Jika sudah dipanen, kamu bisa melakukan penebaran benih ikan lele kembali untuk dibudidayakan. Sebelum itu, pastikan kolam sudah bersih dan pastikan tidak ada ikan lele yang tersisa sebelum bibit baru disebarkan ke dalam kolam.***

Baca juga: Masih Ada Ikan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

You may also like

Tinggalkan Komentar