Connect with us

Kesehatan

8 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan, Salah Satunya Burger dan Kentang

Avatar

Diterbitkan

pada

makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Dalam memenuhi kebutuhan tubuh, manusia memerlukan asupan makanan. Terkadang, ada hal-hal yang membuatnya ingin mengkombinasi makanan tertentu. Namun, ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan karena bisa menimbulkan dampak buruk.

Mengkombinasikan beberapa makanan memang dapat menggugah selera dan menambahkan kelezatannya. Namun, menurut para ahli, mengkombinasi makanan tertentu yang tidak seimbang bisa menjadi penyebab pembentukan racun di dalam tubuh manusia.

Oleh sebeb itu, kamu perlu berhati-hati terhadap beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan. Karena jika salah mengkombanisakan makanan tertentu, dapat menyebabkan gangguan pencernaan bahkan penyakit tertentu.

Baca juga: 7 Jenis Makanan Penambah Trombosit, Efektif dalam Meningkatkan Jumlah Trombosit

Berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Burger dan kentang goreng

makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan, yang pertama yaitu burger dan kentang. Di beberapa restoran cepat saji, banyak menu yang memadukan antara burger dan kentang. Namun, kedua makanan ini termasuk dalam makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan.

Hal ini karena burger memiliki kadar lemak, pengawet, dan bahan kimia lain yang tinggi bisa membentuk zat jenis arang.

Advertisement

Jika dipadukan dengan gula pada kentang goreng, diketahui bisa menghasilkan sitokin yang bisa mempercepat proses penuaan dan bisa menaikkan berat badan jika dikonsumsi berlebihan.

2. Pisang dan susu

makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Mengkombinasikan antara pisang dan susu terkadang bisa menggugah selera. Namun, pisang dan susu jika dikombinasikan merupakan makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan. Diketahui, mengonsumsin kedua makanan ini secara bersamaan bisa menimbulkan efek buruk pada sistem pencernaan karena sulit dicerna.

Meski demikian, belum ada penelitian yang membuktikan jika memadukan pisang dan susu dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

3. Kacang-kacangan dengan keju

makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan berikutnya yaitu kacang-kacangan dan keju. Mengonsumsi dua jenis makanan ini secara bersmaan dapat memengaruhi kesehatan pencernaan, yakni bisa menyebabkan kembung dan gas.

Terlebih jika kamu memiliki sistem pencernaan yang lemah, sangat disarankan untuk menghindari kombinasi kedua makanan tersebut dengan mengganti makanan kombinasi yang menyehatkan.

4. Daging dan telur

Selain kacang dan keju, daging dan telur juga termasuk makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan. Kombinasi antara daging dengan telur terlihat memang sangat lezat. Akan tetapi, dua jenis makanan ini jika dipadukan ternyata tidak baik untuk dikonsumsi.

Kedua makanan tersebut mengandung protein yang tinggi. Apabila dikonsumsi bersamaan, bisa berdampak buruk pada sistem pencernaan karena membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna kedua makanan tersebut.

Advertisement

Baca juga: 6 Makanan Peninggi Badan yang Mampu Menjaga Kesehatan Tulang

5. Yoghurt dan buah

Ternyata mengonsumsi buah dan yoghurt bisa menyebabkan racun pada tubuh. Sebab, kandungan protein pada yoghurt dan kandungan asam pada buah dipercaya dapat menimbulkan efek negatif pada pencernaan yang menyebabkan alergi dan pilek. Jadi, pantas saja jika yoghurt dan buah merupakan makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan.

6.Buah setelah makan

Beberapa orang banyak yang mengonsumsi buah setelah. Namun, ternyata ini merupakan hal yang salah. Pasalnya, buah-buahan dapat dicerna dengan cepat tetapi kandungan lemak, protein dan karbohidrat dari makanan besar memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga menyebabkan masalah pada perut.

7.Jus buah dan sereal

makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Sereal dan jus buah merupakan makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan. Meski jus buah dan serel bisa menyehatkan tubuh, namun kombinasi keduanya bisa membuat dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pasalnya, kandungan asam pada jus buah seperti jus jeruk, dapat menghancurkan enzim yang dapat memecahan karbohidrat di dalam tubuh menjadi terhambat. Selain itu, jus yang asam juga dapat mengentalkan susu menjadi zat pembentuk lendir yang kental.

8. Minuman bersoda dan mint

Makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan berikutnya yaitu minuman bersoda dan mint. Memadukan kedua makanan ini ternyata sangat berbahaya. Reaksi yang ditimbulkan dengan memadukan mint dan minuman bersoda akan membuat meluap air soda.

Ketika reaksi tersebut bereaksi di dalam perut, akan membentuk senyawa beracun dan mematikan yang disebut sianida.  Kombinasi mint dan air soda bisa menyebabkan perut kembung dan bergas serta merasakan ketidaknyamanan.***

Advertisement

Baca juga: Perbanyaklah Mengonsumsi Makanan yang Mampu Tingkatkan Produksi Kolagen

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement