Connect with us

Kesehatan

7 Manfaat Selada Merah untuk Kesehatan Tubuh

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat selada merah

Ilustrasi selada merah (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Selada merupakan salah satu sayuran yang kerap disajikan sebagai lalapan. Tak selalu berwarna hijau, ada juga selada berwarna merah. Meski tidak sepopuler selada hijau, namun manfaat selada merah bisa dibilang tak kalah dari selada berwarna hijau.

Lactuca sativa atau biasa dikenal selada merah adalah sayuran yang memiliki daun berwarna merah atau ungu. Sedangkan pangkal daun beserta batangnya berwarna hijau muda. Termasuk tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik, banyak orang membudidayakannya dengan cara tersebut.

Saudara selada hijau ini memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah. Selada merah juga memiliki berbagai vitamin dan mineral yang menyehatkan tubuh. Tak heran jika banyak orang mengambil manfaat selada merah sebagai menu utama ketika hendak menurunkan berat badan.

Baca juga: 8 Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan, Sayuran Sumber Antioksidan

Berikut beberapa manfaat selada merah bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Sumber vitamin A dan K

Manfaat selada merah yang pertama yaitu menjadi sumber vitamin A dan K. Di dalam secangkir selada merah terdapat vitamin A sebesar 127 persen sedangkan vitamin K sejumlah 149 persen. Jumlah tersebut dinilai dapat memenuhi tubuh dalam menjaga jaringan lunak dan menyehatkan mata.

Advertisement

Selada merah juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh serta mencegah penyumbatan pembuluh darah.

2. Penuhi kebutuhan cairan

Untuk mencegah dehidrasi, Anda disarankan untuk mencukupi asupan cairan dengan minum setidaknya 2 liter atau 8 gelas air perhari. Selain itu, Anda juga bisa menghidrasi tubuh dengan mengambil manfaat selada merah.

Selada merah termasuk sayuran yang mengandung banyak air. Kandungan airnya sekitar 96 persen. Kandungan air yang sangat dominan bisa membuat seseorang kenyang lebih lama sehingga sering dijadikan makanan saat diet.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat selada merah berikutnya yaitu menyehatkan jantung. Kandungan magnesium dan kalium pada selada merah dipercaya sangat baik untuk jantung. Pasalnya, nutrisi tersebut dibutuhkan guna menjaga fungsi jantung tetap optimal.

Kedua kandungan tersebut dapat menjaga kestabilan detak jantung dan membuat sel otot jantung menjadi rileks. Selain itu, juga bisa meningkatkan risiko darah tinggi, gagal jantung, dan penyakit jantung koroner.

Advertisement

4. Menurunkan tekanan darah

Selain menyehatkan jantung, manfaat selada merah juga dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Hal ini berkat kandungan mineral, yakni kalium, mangan, dan magnesium yang tersimpan pada sayuran berwarna merah ini.

Baca juga: 7 Manfaat Bayam Brazil, Ternyata Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Menurut sebuah penelitian, makan makanan yang menyimpan kandungan kalium bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, manfaat selada merah juga membantu Anda tercegah penyakit darah tinggi dan anemia. Apabila tidak ada selada merah, Anda bisa mendapatkan kalium dari buah alpukat.

5. Menurunkan berat badan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat selada merah yang populer adalah menurunkan berat badan. Selada merah merupakan sayuran dengan kandungan kalori rendah namun berserat tinggi.

Kandungan air yang sangat tinggi pada selada merah dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya kenyang lebih lama. Oleh karena itu, sayuran ini bisa dikonsumsi orang yang sedang diet tanpa takut berat badan bertambah.

6. Meningkatkan imunitas

Selada merah memiliki kandungan vitamin A, C, dan K. Kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan yang diperlukan tubuh untuk melindunginya dari bakteri dan infeksi. Dengan begitu, bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat tanda penuaan dini serta anti kanker.

Advertisement

7. Menjaga kepadatan tulang dan gigi

Manfaat selada merah lainnya adalah menjaga kepadatan tulang dan gigi. Makan selada ini dianggap dapat menjaga kepadatan tulang dan gigi. Selada merah disarankan baik dikonsumsi guna mencegah osteoporosis dan gigi keropos. Khasiat tersebut didapat dari kombinasi kalisum, kalium, dan vitamin K yang dimilikinya.***

Baca juga: 11 Buah dan Sayuran Rendah Gula, Cocok Untuk Diet Agar Tetap Sehat

Lanjutkan Membaca
Advertisement