Home LifestyleKesehatan Ini 3 Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Beserta Konsekuensinya

Ini 3 Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Beserta Konsekuensinya

oleh Farhan Zuhdi
cara menonaktifkan bpjs kesehatan

Cara menonaktifkan BPJS Kesehatan (Foto Ilustrasi: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah suatu lembaga yang dibentuk pemerintah dalam menyelenggarakan program jaminan kesehatan secara nasional. Peserta BPJS Kesehatan terkadang ingin menonaktifkan dari kepesertaan karena berbagai alasan, seperti orang yang sudah meninggal.

Tetapi, masih banyak warga yang belum mengetahui cara menonaktifkan BPJS Kesehatan. Untuk menonaktifkannya, tentu tidak sembarangan. Pasalnya, setiap warga diwajibkan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Sebagai cara menonaktifkan BPJS Kesehatan, Anda perlu memenuhi persyaratan terlebih dahulu untuk menonaktifkannya. Lantas bagaimana cara menonaktifkan BPJS Kesehatan?

Baca juga: 10 Layanan Pengobatan atau Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Berikut beberapa cara menonaktifkan BPJS Kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Melalui aplikasi E-Dabu

Cara menonaktifkan BPJS Kesehatan yang pertama yaitu menggunakan aplikasi E-Dabu. E-Dabu adalah singkatan dari Elektronik Data Badan Usaha. Diketahui, aplikasi ini dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Cara ini termasuk yang paling mudah karena bisa dilakukan di rumah.

Kehadiran E-Dabu sangat membantu masyarakat dan perusahan untuk menonaktifkan kepesertaan bagi mantan pegawai yang sudah resign atau PHK. Langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama, unduh aplikasi E-Dabu di Google Play Store.
  • Lalu, login dengan username dan password yang sudah dibuat.
  • Pilih menu mutasi peserta.
  • Selanjutnya, pilih menu data peserta.
  • Nanti, akan muncul seluruh daftar peserta.
  • Kemudian, pilih nama Anda agar dinonaktifkan dari kepesertaannya.
  • Jika sudah, klik nonaktifkan peserta.
  • Dengan begitu, nama tersebut sudah dinyatakan tidak aktif dari kepesertaan BPJS Kesehatan.

2. Datang langsung ke kantor BPJS

Jika Anda ingin menonaktifkan kepesertaan BPJS Kesehatan bagi keluarga yang sudah meninggal, cara menonaktifkan BPJS Kesehatan adalah dengan mendatangi langsung ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Peserta yang sudah meninggal perlu segera dinonaktifkan agar tidak dianggap menunggak iuran.

Berikut langkah menonaktifkan kepesertaan BPJS Kesehatan bagi peserta yang sudah meninggal:

  • Pertama-tama, siapkan berkas terlebih dahulu, yaitu kartu BPJS Kesehatan peserta yang sudah meninggal dunia, fotokopi kartu keluarga, dan fotokopi surat kematian.
  • Jika berkas-berkas sudah lengkap, datanglah ke kantor BPJS Kesehatan.
  • Utarakan maksud dan tujuan kepada petugas dengan menunjukkan berkas-berkas yang sudah dibawa.
  • Kemudian, petugas akan memproses penonaktifan kepesertaan tersebut.
  • Nantinya, status keanggotaan BPJS Kesehatan dapat diganti menjadi nonaktif.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan

3. Melalui layanan Pandawa

cara menonaktifkan bpjs kesehatan

Layanan Pandawa (Foto: Twitter/BPJSKesehatanRI)

Selain melaui aplikasi dan datang langsung, cara menonaktifkan BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui aplikasi Whatsapp atau Pandawa. Tak hanya untuk menonaktifkan, layanan Pandawa bisa digunakan untuk keperluan lain, seperti mengubah atau menambah kepesertaan.

Anda bisa menghubungi layanan Pandawa pada jam kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.00 dan memilih layanan penonaktifan peserta. Sebelum itu, pastikan Anda sudah mengetahui nomor WhatsApp Pandawa di tiap kantor cabang.

Konsekuensi menonaktifkan BPJS Kesehatan

Meski caranya sangat mudah, namun ada beberapa dampak ketika menonaktifkan kepesertaan BPJS Kesehatan bagi orang yang masih hidup. Pasalnya, jika orang tersebut dirawat maka seluruh biaya rumah sakit dan tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

Selain itu, warga yang tidak mendaftar BPJS Kesehatan akan diberikan pembatasan pelayanan publik dalam pembuatan IMB (Izin Mendirikan Bangunan), SIM (Surat Izin Mengemudi), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan paspor.

Itulah berbagai cara menonaktifkan BPJS Kesehatan baik secara online maupun offline. Sebagai bahan pertimbangan, pikirkan terlebih dahulu untuk sebelum menonaktifkannya.***

Baca juga: BPJS Kesehatan Uji Coba Aplikasi P-Care Vaksinasi Mobile

You may also like