Home LifestyleKesehatan 6 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Beserta Cara Pencegahannya

6 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Beserta Cara Pencegahannya

oleh Farhan Zuhdi
cara mengatasi cegukan pada bayi

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Tak hanya orang dewasa, bayi pun bisa mengalami cegukan. Kondisi ini tentu membuat si kecil terganggu dan membuat orang tua khawatir. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi cegukan pada bayi secara benar.

Cegukan merupakan suatu hal umum terjadi, termasuk pada bayi. Bahkan, kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa si kecil tumbuh secara normal. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi cegukan, seperti makan terlalu banyak yang menyebabkan kontraksi diafragma dan penutupan pita suara.

Terlalu banyak menelan udara dari botol susu juga menjadi salah satu penyebab cegukan pada bayi. Meski bisa hilang dengan sendiri, orang tua juga perlu mempraktikkan cara mengatasi cegukan pada bayi agar dapat hilang dengan cepat.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Kerak di Kepala Bayi, Ibu Wajib Tahu!

Berikut beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi yang telah faktualid.com dari berbagai sumber.

1. Ubah posisi

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang pertama yaitu merubah posisi bayi. Saat menyusui, terkadang bayi bisa mengalami cegukan. Jika cegukan terjadi, cobalah rubah dengan posisi tertentu untuk meredakan cegukan, diantaranya posisi saat sedang berbaring, dan sebagainya.

2. Menepuk punggung bayi

Menepuk punggung bayi dianggap menjadi cara mengatasi cegukan pada bayi yang sering digunakan. Tepuk punggung bayi secara lembut seraya meletakkan kepala di pundak ketika menggendongnya dengan posisi berdiri.

Jika cegukan datang dikemudian hari, cara ini dianggap ampuh untuk menghentikan cegukan dengan cepat.

3. Buatlah bayi bersendawa

Memberikan susu kepada si kecil ternyata bisa membuat bayi bersendawa. Bersendawa dapat mengeluarkan gas di dalam perut bayi sehingga cegukan bisa diatasi. Ketika memberikan air susu ibu (ASI), berhentilah sejenak untuk membuatnya lebih cepat bersendawa.

Hal ini dilakukan agar ruang bagi udara yang terjebak di dalam perut bayi bisa keluar. Itulah yang menyebabkan bayi cegukan.

4. Beri sesuatu untuk diisap

Cara mengatasi cegukan pada bayi berikutnya yaitu dengan memberikan sesuatu untuk diisap seperti dot atau empeng. Gerakan mulut si kecil bisa merangsang sendawa karena membuat diafragma menjadi lebih lunak sehingga dapat menghentikan cegukan.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Lidah Bayi dengan Benar dan Aman, Bersih dan Sehat

5. Buatlah bayi merasa hangat

Selain memberi dot, cara mengatasi cegukan pada bayi bisa dilakukan dengan membuatnya merasa hangat. Cegukan bisa terjadi akibat suhu dingin yang dirasakan bayi. Untuk itu, hindari ruangan ber-AC dan buatlah si kecil merasa lebih hangat untuk menghilangkan cegukan yang dialami.

Kamu bisa membawa bayi ke tempat lembab dan hangat atau bisa menjemurnya dibawah sinar matahari pada pagi hari. Pastikan menggendongnya dengan benar sambil mengusap-usap punggung dengan lembut.

6. Periksa botol susu atau dot

Penyebab cegukan bisa terjadi karena botol susu atau dot bayi. Pasalnya beberapa botol susu atau dot bisa membuat udara terperangkap dan bisa memicu cegukan. Sebagai cara mengatasi cegukan pada bayi, pilihlah dot atau botol susu yang bisa meminimalkan udara yang masuk.

Cara mencegah cegukan pada bayi

Selain mengetahui cara mengatasi cegukan pada bayi, sebagai seorang ibu kamu juga perlu mengahatui hal-hal apa saja yang bisa mencegah cegukan si kecil, sebagai berikut:

  • Hindari melakukan aktivitas yang memerlukan banyak gerakan atau energi setelah bayi sudah minum susu.
  • Berikan susu kepada bayi sebelum bayi menjadi terlalu lapar.
  • Memberikan susu kepada bayi atau memberinya makan dalam porsi yang sedikit namun dengan frekuensi yang lebih banyak.
  • Saat menggunakan botol susu, posisikan botol susu lebih miring sekitar 45 derajat agar susu memenuhi mulut botol udara tidak masuk ke dalam botol.
  • Pastikan mulut bayi sudah benar menempel pada puting ibu.
  • Tenangkan bayi sebelum memberikannya susu.
  • Biarkan bayi duduk tegak selama 20 sampai 30 menit seusai minum susu.

Itulah penjelasan tentang cara mengatasi cegukan pada bayi beserta cara pencegahannya. Cegukan umumnya akan hilang dengan sendirinya saat Si Kecil tidur. Namun, jika cegukan yang dialaminya berlarut-larut, sebaiknya berkonsultasi ke dokter anak.***

Baca juga: 6 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Secara Alami, Aman dan Mudah Diterapkan

You may also like

Tinggalkan Komentar