Home LifestyleKesehatan 4 Cara Membersihkan Kerak di Kepala Bayi, Ibu Wajib Tahu!

4 Cara Membersihkan Kerak di Kepala Bayi, Ibu Wajib Tahu!

oleh Farhan Zuhdi

cara membersihkan kerak di kelapa bayi

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika memandikan bayi, terkadang seorang ibu mendapati ada kerak di kulit kelapanya. Kondisi ini umum terjadi pada bayi, terutama pada bayi baru lahir. Namun, masih banyak orang tua ragu tentang cara membersihkan kerak di kepala bayi apakah sudah benar atau belum.

Kerak kepala bayi atau cradle cap biasa terjadi pada umur 2-6 minggu. Sebenarnya, kerak pada kepala bayi ini bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, kerak ini perlu dibersihkan meski bukan kondisi yang berbahaya.

Terdapat beberapa dugaan penyebab munculnya kerak pada kulit kepala bayi, seperti disebabkan oleh hormon yang diturunkan dari ibu ke bayi, serta terjadi akibat pertumbuhan jamur dan bakteri alami. Tak hanya mengganggu, kerak tersebut jika didiamkan terlalu lama cenderung sulit untuk dihilangkan.

Baca juga; 6 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Secara Alami, Aman dan Mudah Diterapkan

Berikut beberapa cara membersihkan kerak di kepala bayi yang telah faktualid.com rangkum dari sehatq dan alodokter.

1. Sikat kulit kelapa bayi secara lembut

Cara membersihkan kerak di kulit kepala bayi yang pertama yaitu menyikat kulit kepala bayi dengan lembut. Sikat atau gosok kulit kepala secara lembut menggunakan jari atau kain lembut. Pastikan kain atau tangan dalam keadaan bersih.

Supaya tidak membuat kulit kepala si kecil terluka, lakukan dengan tidak menggaruknya terlalu keras dan kencang. Bisa juga dengan menggunakan sisir khusus untuk mengangkat kerak tersebut. Cara ini bisa dilakukan saat rambut bayi kering ataupun basah dengan menyijat setiap helai rambut.

2. Mencuci rambut

Menjaga kebersihan rambut bayi bisa menjadi cara membersihkan kerak di kepala bayi. Cucilah rambut si kecil menggunakan sampo khusus bayi yang lembut. Saat mencuci kepala, pijat secara perlahan seraya membersihkan serpihan kerak kepala menggunakan sisir kecil dengan sikat lembut.

Apabila kerak sulit dihilangkan, biasanya dokter akan menyarankan sampo bayi yang mengandung anti jamur, yakni ketoconazole. Ketika menggunakan sampo tersebut, usahakan agar sampo tidak mengenai mata bayi.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Lidah Bayi dengan Benar dan Aman, Bersih dan Sehat

3. Mengoleskan minyak

Selain mencuci rambut, cara membersihkan kerak di kepala bayi juga bisa dengan mengoleskan minyak. Gunakan minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, atau baby oil untuk membersihkan kulit kelapa si kecil.

Cara menggunakannya, tuangkan sedikit minyak untuk mengetahui terdapat reaksi alergi pada kulit kepala bayi atau tidak. jIka tidak ada reaksi apapun, tuangkan lalu pijat secara perlahan. Diamkan selama 1-2 menit hingga meresap.

Jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa memperburuk kerak di kepala si kecil. Kemudian, bersihkan minyak menggunakan sampo khusus bayi secara lembut.

4. Mengoleskan krim

Jika cara membersihkan kerak di kepala bayi dirasa kurang efektif, oleskan krim khusus dari dokter, terlebih jika kondisi tersebut terasa mengganggu. Dokter akan merekomendasikan krim yang mengandung hidrokortison atau zinc. Pastikan saat hendak menggunakannya sudah berkonsultasi dengan dokter.

Itulah beberapa cara membersihkan kerak di kulit kepala bayi. Perlu digarisbawahi, untuk menghilangkan cradle cap perlu diaplikasikan beberapa kali dan tidak dipaksakan. Selain itu, hindari mengelupas kerak dalam keadaan kering karena bisa memicu kulit kepala bayi menjadi iritasi.***

Baca juga: Kurang Tepat Bayi Diberi Bedak Berlebihan terutama di Pantat dan Selangkangan

You may also like

1 Komentar

6 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi dan Cara Pencegahannya Oktober 28, 2021 22:26 - 22:26

[…] Baca juga: 4 Cara Membersihkan Kerak di Kepala Bayi, Ibu Wajib Tahu! […]

Balas

Tinggalkan Komentar