Home LifestyleKesehatan Perawatan Kuku, Selain agar Terlihat Indah juga Bukan Sarang Penyakit

Perawatan Kuku, Selain agar Terlihat Indah juga Bukan Sarang Penyakit

oleh Darto Darto

Foto: Istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan menjadi tempat berkembangnya kuman. Oleh karena itu, diperlukan perawatan kuku yang tepat agar kuku terlihat cantik dan terhindar dari berbagai penyakit.

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, seperti mengetik, memegang barang, hingga mengolah makanan di dapur. Hal ini tentunya memengaruhi kebersihan dan kesehatan kuku.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kuku.

1. Potonglah kuku secara teratur
Memotong kuku secara teratur dapat membantu terhindar dari risiko kuku patah, sehingga membuat kuku tetap kuat. Selain itu, memiliki kuku panjang juga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan.

Saat memotong kuku, usahakan untuk menggosok dengan lembut bagian tepi kuku agar tidak melukai kulit saat bersentuhan.

2. Pastikan kuku selalu dalam keadaan bersih dan kering
Setelah mencuci tangan atau melakukan kegiatan yang menyebabkan tangan basah, pastikan untuk selalu mengeringkan kuku dan membersihkan sela-sela kuku dengan sikat yang lembut. Hal ini dapat mencegah infeksi bakteri dan jamur pada kuku.

Selain itu, bisa juga digunakan sarung tangan karet saat mencuci piring, untuk mencegah kuku terpapar bahan kimia keras dan berbahaya.

3. Oleskan pelembap pada kutikula
Saat melakukan perawatan kuku, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikannya pelembap. Namun, perlu Anda ingat bahwa jangan terlalu berlebihan dalam merawat kutikula.

Hindari mendorong atau mengupas kutitula, karena bisa merusak dan membuat kuku terinfeksi bakteri atau jamur.

4. Hindari terlalu sering menggunakan cat kuku
Cat kuku memang dapat mempercantik kuku, tetapi penggunaannya perlu dibatasi. Penggunaan cat kuku secara terus-menerus, dapat membuat kuku menjadi rapuh. Berikan jeda waktu setidaknya seminggu sebelum Anda menggunakan kembali cat kuku.

Hindari pula penggunaan pembersih cat kuku yang mengandung aseton, karena dapat membuat kuku, kutikula, dan kulit di sekitarnya kering.

5. Pilihlah salon kuku yang tepat
Bila diputuskan untuk perawatan kuku dilakukan di salon, pilihlah salon kuku yang berlisensi dan terjaga kebersihannya. Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi bakteri atau jamur pada kuku bila manikur pedikur tidak dilakukan dengan tepat.

6. Konsumsi suplemen biotin
Jika memiliki kuku yang lemah atau rapuh, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan suplemen biotin untuk memperkuat kuku. Biotin merupakan salah satu vitamin B yang mampu memperkuat rambut dan kuku, serta membantu fungsi sistem saraf tubuh.

Tak hanya suplemen, biotin juga bisa ditemukan dalam ikan sarden, telur matang, dan kacang-kacangan.***

Tinggalkan Komentar