Home Lifestyle 5 Manfaat Daun Legundi, dapat Menjaga Kesehatan Rahim

5 Manfaat Daun Legundi, dapat Menjaga Kesehatan Rahim

oleh Hana Chaniago
manfaat daun legundi

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Daun legundi merupakan bagian dari tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah tropis. Tanaman legundi ini memiliki penampilan yang sangat cantik, apalagi ketika tumbuh bunga berwarna ungu . Tidak hanya tampilannya yang cantik, manfaat daun legundi ini juga baik untuk kesehatan tubuh.

Daun legundi memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh, seperti artemetin, luteolin, friedelin, glukosida, viteksin, trimetil dan masih banyak lagi nutrisi yang terkandung di dalam daun legundi ini.

Berikut beberapa manfaat daun legundi yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Mengatasi Radang Tenggorokan

Manfaat daun legundi yang pertama adalah mengatasi radang tenggorokan. Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Kondisi ini biasanya ditandai dengan demam tinggi karena adanya infeksi bakteri di sekitar tenggorokan atau faring.

Saat mengalami radang tenggorokan kamu mungkin akan kesusahan untuk menelan karena terjadi pembengkakkan di sekitar faring. Gangguan kesehatan ini dapat diatasi dengan rebusan air daun legundi yang dicampur dengan garam.

2. Sesak Napas

Manfaat daun legundi yang kedua adalah mengatasi sesak napas. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Biasanya, kamu yang sudah memiliki gangguan asma akan lebih mudah mengalami gangguan kesehatan ini.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun legundi ini, kamu hanya perlu merebus 9 lembar daun legundi bersama 3 lembar daun sembung dan 3 lembar daun serawung dan 3 gelas air. Diamkan hingga air mendidih dan tersisa 1 gelas.

Baca juga: 8 Manfaat Daun Babadotan, Mampu Hambat Kerusakan Hati

3. Mengobati Sakit Limpa

Manfaat daun legundi yang ketiga adalah mengobati sakit limpa. Limpa merupakan salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh. Jika organ ini mengalami pembengkakkan menandakan terjadi penyakit serius pada tubuh kamu.

Saat limpa mengalami gangguan kamu dapat mengatasinya dengan ramuan dari daun legundi. Cara mendapatkan manfaat dari daun legundi ini cukup mudah. Tumbuk segenggam daun legundi segar kemudian tambahkan sedikit cuka dan campur rata. Setelah itu ditempelkan di perut sebelah kiri.

4. Menjaga Kesehatan Rahim

Manfaat daun legundi yang keempat adalah menjaga kesehatan rahim. Campuran daun legundi dengan temu hitam dan garam yang direbus bersama satu liter air, disebut dapat menjaga kesehatan rahim kamu.

Saat kamu mengalami gangguan pada rahim, disarankan untuk mengonsumsi ramuan ini secara rutin selama 7 hari.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Mindi, dapat Menurunkan Darah Tinggi

5. Mengobati Cacingan

Manfaat daun legundi yang terakhir adalah dapat mengobati cacingan. Dilansir dari Journal Health, Population and Nutrition menyebutkan infeksi parasit yang disebabkan oleh cacing usus dan protozoa merupakan salah satu infeksi yang paling umum pada manusia di negara berkembang.

Kamu yang ingin mengobati cacingan bisa meminum ramuan yang dibuat dari tanaman ini secara rutin, hingga keluhan hilang. Biasanya penyakit ini lebih sering dialami pada anak-anak atau bayi.***

You may also like