Home LifestyleGadget 8 Cara Membersihkan Casing HP yang Kotor Secara Efektif

8 Cara Membersihkan Casing HP yang Kotor Secara Efektif

oleh Farhan Zuhdi
cara membersihkan casing hp

Ilustrasi cara membersihkan casing hp (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Casing merupakan salah satu aksesoris Handphone (HP) yang sering digunakan banyak orang. Pengguaan casing hp selain untuk melindungi hp, juga dapat dijadikan aksesoris yang memperindah smartphone.

Namun, terkadang casing bisa menjadi kotor yang dapat menggangu rasa tidak nyaman bagi penggunanya. Untuk membuatnya bersih kembali, kamu perlu mengetahui cara membersihkan casing hp agar kinclong kembali.

Penyebab casing hp menjadi kotor ada beberapa faktor, seperti berusia terlalu lama, diletakkan di tempat kotor, dan jenis bahan casing. Terutama, casing yang terbuat dari bahan silikon lebih mudah kotor dan menguning.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Untungnya, ada berbagai cara membersihkan casing hp dengan bahan sederhana yang mudah kamu temukan di rumah.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP dengan Mudah dan Ampuh

Berikut beberapa cara menghilangkan casing hp yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Pasta gigi

Cara membersihkan casing hp yang pertama yaitu menggunakan pasta gigi. Tak hanya dapat membersihkan gigi, pasta gigi juga dapat digunakan untuk membersihkan noda kuning dan kotoran pada casing hp.

Caranya mudah, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi secara merata pada casing. Agar lebih maksimal, gunakan sikat gigi bekas untuk membasmi kotoran yang menempel sampai bersih. Jika sudah selesai, pastikan casing hingga benar-benar kering.

2. Sabun cuci piring

cara membersihkan casing hp

Ilustrasi membersihkan casing Hp dengan sabun cuci piring (Istimewa)

Kamu dapat menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan casing. Cara membersihkan casing HP dengan sabun cuci piring cukup mudah, oleskan sedikit sabun cuci piring pada casing, lalu cuci hingga bersih. Kemudian, bilas dan keringkan menggunakan handuk yang mudah menyerap air agar air tidak tertinggal pada casing.

3. Hand sanitizer

Cara membersihkan casing hp berikutnya yaitu dengan hand sanitizer. Kamu dapat menggunakan cairan ini untuk membersihkan casing hp. Bahkan, menggunakan hand sanitizer dapat membersihkan hp dan casingnya dari virus.

Caranya, cukup tuangkan sedikit hand sanitizer ke casing hp yang kotor. Gosok secara perlahan menggunakan kain bersih atau tisu. Dengan begitu, casing menjadi bersih sekaligus wangi.

4. Baking soda

Selain hand sanitizer, cara membersihkan casing hp juga bisa dengan baking soda. Baking soda yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuat roti dan kue, ternyata dapat dimanfaatkan untuk membersihkan casing hp yang kotor.

Untuk menggunakannya, kamu perlu mencampurkan baking soda dan air secukupnya dalam wadah. Lalu, tuang campuran tersebut ke casing HP dan gosok hingga noda memudar. Kemudian, bilas menggunakan air mengalir dan keringkan.

Baca juga: 8 Cara Merawat Baterai HP Supaya Awet dan Tahan Lama

5. Minyak kayu putih

cara membersihkan casing hp

Ilustrasi Minyak Kayu Putih (Istimewa)

Tak hanya digunakan untuk mengatasi kembung dan mual, minyak juga dapat digunakan sebagai cara membersihkan casing hp. Umumnya, penggunaan minyak kayu putih digunakan untuk mengelupas sisa stiker yang masih menempel atau sisa makanan pada casing hp.

6. Alkohol

Cara membersihkan casing hp yang kotor juga dapat menggunakan alkohol. Selain dapat membersihkan casing, alkohol juga membuat casing terbebas dari kuman dan kotoran yang menempel.

Caranya, cukup tuang sedikit alkohol pada bola kapas. Gosokkan bola kapas tersebut pada casing secara merata.

7. Pemutih

Salah satu cara membersihkan casing HP ternyata dapat menggunakan pemutih pakaian. Pemutih pakaian dapat menghilangkan noda dengan efektif. Caranya, tuang sedikit pemutih pakaian pada mangkuk lalu campurkan dengan air hangat. Masukan casing hp ke wadah selama 5-10 menit. Kemudian, bilas dan keringkan dengan benar.

Saat menggunakan pemutih untuk membersihkan casing, kamu perlu menggunakan sarung tangan, kain bersih, dan masker wajah. Pasalnya, pemutih pakaian merupakan cairan yang berbahaya.

8. Penghapus

Cara membersihkan casing HP yang terakhir yaitu menggunakan penghapus. Penghapus sangat efektif digunakan untuk membersihkan casing yang memiliki finishing matte. Untuk mengaplikasikannya, kamu hanya perlu membersihkan noda pada casing menggunakan penghapus lalu bersihkan dengan tisu basah dan keringkan.***

Baca juga: Rekomendasi 8 HP di Bawah 1 Juta Berbasis Andorid Tahun 2021

You may also like

1 Komentar

Avatar
arsy September 30, 2021 00:14 - 00:14

good writing, very useful for all of us. I also want to share other information, please visit: http://news.unair.ac.id/2021/04/23/meningkatkan-kesadaran-diri-jadi-kunci-keamanan-data-media-sosial/

Balas

Tinggalkan Komentar