Home LifestyleGadget 7 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP dengan Mudah dan Ampuh

7 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP dengan Mudah dan Ampuh

oleh Farhan Zuhdi
cara menghilangkan embun di kamera hp

Ilustrasi menghilangkan embun di kamera HP menggunakan beras (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Fitur kamera pada Handphone (HP) sudah menjadi salah satu fitur yang wajib ada. Pasalnya, kamera digunakan untuk mengabadikan momen. Namun, terkadang kamera tersebut dapat berembun yang dapat mengganggu. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan embun di kamera HP.

Ada beberapa penyebab lensa kamera dapat berembun, salah satu penyebab yang sering terjadi adalah HP kehujanan saat diletakan di saku jaket atau celana. Pada beberapa kasus, embun di kamera HP dapat hilang dengan sendirinya namun memerlukan waktu yang cukup lama.

Jika kamu mengalami kondisi ini kamu tak perlu khawatir. Untungnya ada beberapa cara menghilangkan embun di kamera HP yang mudah kamu lakukan di rumah.

Baca juga: 8 Cara Merawat Baterai HP Supaya Awet dan Tahan Lama

Berikut beberapa cara menghilangkan embun di kamera HP yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan silica gel

Cara menghilang embun di kamera HP yaitu menggunakan silica gel. Kamu dapat memanfaatkan silica gel untuk menghilangkan embun kamera di HP. Silica gel biasanya terdapat pada beberapa makan atau kotak sepatu.

Silica gel berfungsi untuk menyerap lembap dan untuk mencegah jamur pada kamera. Jika kamu tidak menemukannya, kamu dapat membelinya di toko-toko perlengkapan rumah

Cara menggunakannya, matikan HP terlebih dahulu dan letakkan HP ke dalam wadah. Lalu taburkan silica gel dan tutup rapat-rapat wadah tersebut. Diamkan HP semalaman sampai embun tersebut menghilang.

2. Hair dryer

Kamu dapat menghilangkan embun di kamera HP menggunakan hair dryer. Sebelum kamu menggunakannya, pastikan suhu dari hair dryer agar tidak terlalu panas karena dapat mempengaruhi kamera HP.

Cara menghilangkan embun di kamera HP menggunakan hair dryer cukup mudah, matikan HP terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Kemudian, arahkan hair dryer ke kamera yang berembun secara perlahan hingga embun hilang.

3. Beras

Cara menghilangkan embun di kamera HP berikutnya yaitu menggunakan beras. Kamu dapat menggunakan beras untuk menghilangkan embun karena beras memiliki sifat yang dapat menyerap. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Matikan HP terlebih dahulu.
  • Masukkan beras ke toples kecil.
  • Lalu, masukkan HP ke dalam toples berisi beras.
  • Tutup toples secara rapat.
  • Biarkan semalaman hingga embun menghilang.

4. Lampu

Selain menggunakan beras, cara menghilangkan embun di kamera HP bisa memanfaat lampu. Dengan hanya menggunakan lampu kamu dapat menghilangkan embun di kamera HP berkat hawa panas yang dikeluarkan.

Baca juga: 6 Tips Merawat Laptop Agar Awet, Bantu WFH Supaya Lancar

Berikut cara menghilangkan embun di kamera HP menggunakan lampu:

  • Matikan HP terlebih dahulu.
  • Letakkan dan arahkan lensa HP ke bagian atas di meja atau bidang datar lainnya.
  • Sorot lampu ke arah kamera HP sampai embun di kamera menguap.

5. Kipas laptop

Kamu dapat memanfaatkan kipas laptop sebagai salah satu cara menghilangkan embun di kamera HP. Jika kamu tidak memiliki hair dryer, kamu hanya perlu menggunakan kipas laptop untuk menghilangkan embun di kamera HP.

Cara menggunaknnya sebagai berikut:

  • Matikan HP terlebih dahulu.
  • Arahkan HP ke kipas laptop yang menyala.
  • Diamkan beberapa menit hingga embun tersebut hilang.

6. Sinar matahari

Cara menghilangkan embun di kamera HP berikutnya yaitu menggunkaan sinar matahari. Cara ini dapat dilakukan untuk kamera HP yang memiliki sedikit embun. Jika embun pada kamera terlalu banyak, cukup sulit untuk menghilangkan embun menggunakan sinar matahari.

Kamu perlu berhati-hati saat menggunakan cara ini karena bisa membuat hp buram dan rusak. Berikut cara menghilangkan embun di kamera HP menggunakan sinar matahari:

  • Masukkan HP ke dalam wadah yang tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung.
  • Jemur HP dan wadah tersebut di bawah sinar matahari.
  • Biarkan embun pada kamera HP menguap.

7. Menggunakan air panas

Cara menghilangkan embun di kamera HP yang terakhir yaitu menggunakan air panas. Kamu tidak perlu mencelupkan HP ke dalam air panas. Caranya, kamu dapat melatkkan HP di atas wadah yang sudah berisi air panas.

Sebelum menggunakannya, pastikan wadah tidak memiliki komposisi bahan yang keras dan kasar karena dapat membuat HP jadi tergores dan justru merusaknya.***

Baca juga: Rekomendasi 8 HP di Bawah 1 Juta Berbasis Andorid Tahun 2021

You may also like

Tinggalkan Komentar