Home Lifestyle 5 Cara Melembutkan Rambut dengan Masker Alami

5 Cara Melembutkan Rambut dengan Masker Alami

oleh Hana Chaniago
cara melembutkan rambut

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Rambut lembut dan berkilau tentunya jadi dambaan setiap orang. Tidak heran banyak orang yang mencari cara melembutkan rambut.

Keindahan alami rambut kita akan berkurang seiring  berjalannya waktu baik karena proses penuaan, gaya hidup yang tidak sehat atau styling pada rambut yang menyebabkan kutikula rambut rusak dan rapuh. Lama-kelamaan minyak alami pada rambut dapat terkelupas dan menyebabkan kering.

Saat mendapati keadaan rambut kering atau rusak, jangan cepat-cepat berburu produk perawatan yang harganya selangit dengan klaim dapat mengembalikan keindahan rambut secara instan. Ternyata banyak alternatif cara melembutkan rambut alami menggunakan bahan-bahan yang dapat ditemukan di sekitar kita.

Berikut beberapa cara melembutkan rambut yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Masker Minyak Kelapa

Cara melembutkan rambut yang pertama adalah masker minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam laurat tinggi. Menurut Journal of Cosmetic Science, senyawa ini berfungsi untuk menambahkan kelembapan pada rambut dan mengurangi kehilangan protein.

Cara membuat masker minyak kelapa:

  • Tuang minyak kelapa secukupnya ke telapak tangan, lalu balurkan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Tambahkan volume minyak kelapa pada bagian-bagian yang dirasa sangat kering, biasanya pada ujung rambut.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas menggunakan sampo hingga bersih dari sisa minyak.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Penting Untuk Diketahui

2. Masker Buah Alpukat

Cara melembutkan rambut yang kedua adalah masker buah alpukat. Buah alpukat mengandung minyak alami, asam lemak tak jenuh ganda, dan lemak tak jenuh tunggal yang termasuk dalam lemak baik.

Buah ini kaya akan vitamin yang dapat menutrisi kulit kepala dan membantu rambut terlihat lebih sehat, berkilau dan terhidrasi. Salah satunya karena alpukat mengandung biotin, yakni senyawa yang membantu pertumbuhan rambut dan kuku agar lebih sehat.

Cara membuat masker alpukat:

  • Siapkan satu buah dan 2-3 sdm minyak kelapa.
  • Belah dan ambil daging buah alpukat letakkan dalam wadah. Haluskan buah alpukat menggunakan garpu hingga lembut dan campurkan dengan minyak kelapa. Sesuaikan konsistensinya, apabila terlalu kental dapat tambahkan lebih banyak minyak kelapa.
  • Aplikasikan masker alpukat mulai dari ujung rambut menuju kulit kepala. Diamkan minimal 15 menit sebelum membilasnya dengan sampo dan air bersih.

3. Masker Madu

Cara melembutkan rambut yang ketiga adalah masker madu. Berkat khasiat terapeutik pada madu, madu sudah digunakan selama berabad-abad sebagai sampo dan kondisioner untuk keramas.

Saat ini, bahan alami ini pun masih populer di banyak jenis produk perawatan rambut. Hal ini karena manfaat madu untuk rambut seperti melembutkan rambut dan kulit kepala kering. Selain itu, madu memilki senyawa pengikat yang bagus.

Cara membuat masker madu:

  • Campurkan 1/2 cup madu dengan 1/4 cup minyak zaitun lalu aduk dengan rata. Panaskan campuran madu dengan menggunakan microwave selama 20 detik dan diamkan masker hingga hangat.
  • Bersihkan rambut lalu aplikasikan masker dari kulit kepala hingga ujung rambut. Kamu dapat menggunakan tangan atau kuas masker.
  • Setelah itu, tutup kepala menggunakan shower cap dan diamkan selama 30 menit.
  • Bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo.

4. Masker Pisang dan Minyak Zaitun

Cara melembutkan rambut yang keempat adalah masker pisang dan minyak zaitun. Dilansir dari Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, masker pisang dapat membantu merawat rambut dan mengontrol ketombe.

Sedangkan minyak zaitun dapat membantu melembutkan dan menguatkan rambut. Asam sitrat dalam jus lemon dapat membantu menyeimbangkan pH rambut.

Cara membuat masker pisang dan minyak zaitun:

  • Hancurkan dua buah pisang matang dalam mangkuk hingga berbentuk pasta
  • Tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun, madu dan jus lemon ke pisang tumbuk. Aduk rata agar masker kental merata.
  • Oleskan masker ini ke kulit kepala dan rambut dan biarkan selama 30 menit.
  • Cuci rambut dengan sampo bebas sulfat ringan.

Baca juga: 8 Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan, Dapat Menyehatkan Rambut

5. Masker Kayu Manis

Cara melembutkan rambut yang terakhir adalah masker kayu manis. Masker kayu manis rupanya mampu membantu memulihkan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Sedangkan minyak kelapa menghalus rambut secara menyeluruh.

Cara membuat masker kayu manis dan minyak kelapa:

  • Siapkan 3 sdm bubuk kayu manis dan 4 sdm minyak kelapa.
  • Campur bahan-bahan an aduk hingga rata.
  • Oleskan masker dari akar hingga ujung rambut dan pijat-pijat agar masker meresap ke kulit kepala.
  • Biarkan selama 30-45 menit dan bilas.
  • Usahakan untuk melakukan masker ini minimal seminggu sekali.***

You may also like

Tinggalkan Komentar