Connect with us

Gadget

Uni Eropa Mewajibkan iPhone Gunakan USB Type-C Mulai 2024

Avatar

Diterbitkan

pada

iPhone Gunakan USB Type-C

Mulai 2024, Uni Eropa Mewajibkan iPhone Gunakan USB Type-C (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Anggota parlemen Uni Eropa telah mencapai kesepakatan tentang undang-undang yang akan memaksa semua smartphone yang dipasarkan disana menggunakan port USB Type-C universal untuk pengisian daya kabel pada musim gugur 2024.

Keputusan ini sontak membuat Apple pusing karena iPhone merupakan satu-satunya smartphone merek ini masih menggunakan port lightning Apple untuk pengisian daya kabel.

Keputasan yang mendesak iPhone gunakan USB Type-C ini nantinya juga akan berlaku untuk perangkat elektronik lainnya. termasuk tablet, kamera digital, headphone, konsol video game genggam, dan e-reader. Laptop juga harus mematuhi aturan ini di kemudian hari, melansir TheGuardian, Sabtu (11/6/2022).

Baca juga: Ini Daftar iPhone yang Bisa Update iOS 16

Sebelum keputasan yang mendesak iPhone gunakan USB Type-C tersebut, sebenarnya Apple sudah mengaplikasikan port USB Type-C pada model MacBook 12in pada tahun 2015 dan di iPad Pro pada akhir 2018, sementara iPad lain telah hadir dengan port tersebut sejak tahun 2020.

Beberapa pengguna Apple dengan perangkat yang menampilkan konektor lightning memuji “cengkeramannya”, dengan beberapa mengeluh bahwa port USB-C menjadi longgar seiring waktu.

Advertisement

Uni Eropa mengatakan perubahan aturan bertujuan untuk mengurangi kerumitan bagi konsumen serta limbah elektronik, karena akan memungkinkan konsumen untuk menggunakan pengisi daya lama untuk perangkat baru.

Menurut keterangan tertulis di situs resmi Parlemen Eropa, aturan yang mengatur penggunaan charger USB Type-C di Eropa ini akan disahkan dan diterbitkan sebagai undang-undang baru pada musim panas tahun ini, atau sekitar bulan Juli-September 2022 ini.

Baca juga: Apple Bayar Denda Rp 289 Miliar ke Pengguna iPhone 4s, Ini Sebabnya

Lalu, undang-undang tersebut bakal berlaku efektif dalam waktu 24 bulan (2 tahun) setelah diterbitkan, atau sekitar bulan Juli-September 2024. Aturan ini bakal berlaku untuk semua vendor perangkat elektronik tanpa terkecuali, termasuk Apple.

Artinya, bila tetap ingin memasarkan iPhone di negara-negara Uni Eropa, Apple harus meninggalkan port Lightning. Lalu, Apple memiliki waktu maksimal dua tahun untuk mewajibkan iPhone gunakan USB Type-C di Eropa pada 2024 mendatang.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement