Connect with us

Internasional

Atasi Pemanasan Global G7 Akan Sumbang 100 M Dolar Per Tahun

Avatar

Diterbitkan

pada

Pemimpin G7. (Ist)

Pemimpin G7. (Ist)

FAKTUALid – Untuk mengatasi emisi karbon dan pemanasan global bagi negara-negara yang terkena imbaas,  maka pemimpin G7 sepakat menyumbang 100 miliar dolar per tahun.

Kesepatan itu tertuang dalam pertemuan G7 di London,  Minggu (13/6/2021) di mana mereka mengeluarkan komitmen bersama untuk mencegah pemanasan global.

Tujuannnya adalah untuk membantu negara-negara miskin mengurangi emisi karbon dan mengatasi pemanasan global. Sementara, sejumlah kelompok lingkungan hidup tidak terkesan, seperti Greenpeace Inggris yang mengatakan tuan rumah G7, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, mengatakan: “Memanaskan kembali janji-janji lama  dan bahwa itu tidak akan diberikan begitu saja, sampai negara-negara itu menghasilkan uang.

“Melindungi planet kita adalah hal terpenting yang dapat kita lakukan sebagai pemimpin untuk rakyat kita,” kata Johnson dalam sebuah pernyataan.

“Sebagai negara demokratis, kita memiliki tanggung jawab untuk membantu negara berkembang menuai manfaat dari pertumbuhan bersih melalui sistem yang adil dan transparan. G7 memiliki peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mendorong Revolusi Industri Hijau global, dengan potensi untuk mengubah cara hidup kita,” ungkapnya, seperti dinukil dari berbagai sumber.

Advertisement

Meski demikian, belum ada rincian atau angka untuk komitmen baru ini.

Negara-negara maju sepakat di Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2009 untuk bersama-sama menyumbangkan $100 miliar setiap tahun pada tahun 2020 dalam pendanaan iklim ke negara-negara miskin, banyak di antaranya bergulat dengan naiknya air laut, badai, dan kekeringan yang diperburuk oleh perubahan iklim. ***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *