Connect with us

Internasional

Melawan Sanksi Barat, Presiden Putin Keluarkan Dekrit Larang Impor-Ekspor Bahan Mentah dan Produk

Avatar

Diterbitkan

pada

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Alexei Nikolsky/TASS Agency) Presidential Press and Information Office/TASS Agency).

FAKTUAL-INDONESIA: Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan untuk membatasi atau melarang impor dan ekspor produk dan bahan mentah tertentu dari Rusia pada tahun 2022 dengan daftar produk yang akan ditentukan oleh pemerintah, menurut dekrit tentang langkah-langkah ekonomi asing khusus yang bertujuan untuk memastikan keamanan Rusia.

“Pastikan penerapan langkah-langkah ekonomi khusus berikut hingga 31 Desember 2022: larangan ekspor dan impor produk dan/atau bahan mentah sesuai dengan daftar yang akan ditentukan oleh pemerintah Federasi Rusia,” kata dokumen itu, dilansir Kantor Berita Rusia Tass Agency secara menambahkan daftar akan menentukan barang, yang ekspor dan impornya akan dibatasi, Selasa (8/3/2022).

Pemerintah menentukan daftar negara bagian yang akan dicakup oleh keputusan ini dalam waktu dua minggu. Pembatasan ini tidak akan mencakup produk atau bahan baku yang diangkut oleh warga negara untuk kebutuhan pribadi mereka.

Selanjutnya, kabinet akan diizinkan untuk menetapkan kekhususan pelaksanaan langkah-langkah ini terhadap produk tertentu atau orang atau perusahaan tertentu.

Langkah-langkah baru sedang diperkenalkan di samping langkah-langkah yang digariskan dalam keputusan presiden sebelumnya. Sebelumnya, Rusia memberlakukan langkah-langkah ekonomi khusus sebagai tanggapan atas tindakan tidak bersahabat AS dan negara-negara lain serta organisasi internasional, serta langkah-langkah ekonomi sementara yang bertujuan untuk memastikan stabilitas keuangan Rusia.

Advertisement

Dekrit baru telah ditandatangani untuk memastikan keamanan Rusia dan operasi industri yang tidak terganggu. Keputusan tersebut mulai berlaku sejak saat publikasi resmi. ****

Lanjutkan Membaca