Connect with us

Politik

Kata Jokowi, Ia Tak Pernah Pengaruhi Kaesang Terjun ke Politik

Avatar

Diterbitkan

pada

    Presiden Jokowi mengaku tak pernah ikut campur urusan anak-anaknya, termasuk pekerjaan anaknya. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Belakangan santer diberitakan Kaesang Pangarep bakal terjun ke dunia politik. Bahkan disebut-sebut, dirinya akan maju di pemilihan wali kota Solo 2024.

Diketahui Gibran Rakabuming Raka bakal meninggalkan kabatan wali kota Solo karena dia akan maju di Pigub 2024.

Kaesang yang dikenal dengan bisnis kulinernya, kini digadang-gadang bakal berduet dengan putra mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo bernama Rheo Fernandes di pilkada 2024 mendatang.

Terkait hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya tidak akan mempengaruhi apa pun perihal keputusan anaknya, Kaesang Pangarep, yang mau terjun ke dunia politik.

Pasalnya, Kaesang sudah memiliki keluarga sendiri. Dia ingin agar putra bungsunya itu bisa membuat keputusan sendiri.

Advertisement

“Saya enggak mempengaruhi. Saya tidak memutuskan, karena mereka sudah punya keluarga sendiri,” ujar Jokowi saat ditemui di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Jokowi menjelaskan, Kaesang harus bertanggung jawab terhadap setiap keputusan yang diambil.

Kepala negara memastikan dirinya tidak akan ikut campur perihal keputusan Kaesang yang diwacanakan maju Pemilihan Wali Kota Solo.

“Saya enggak akan ikut-ikut,” ucapnya. Apalagi, kata Jokowi, dirinya selalu memberikan kebebasan kepada anak-anaknya.

Munculnya nama Kaesang dalam dunia politik berawal dari obrolan keluarga Jokowi saat mereka makan siang di salah satu kafe di Solo seusai mengunjungi sejumlah tempat wisata seperti Kebun Binatang Solo Safari atau Satwa Taru Jurug, Solo Tehcnopark, dan Koridor Gatot Subroto (Gatsu).

Advertisement

Dalam pembicaraan itu, Kaesang mengungkapkan ketertarikannya dalam dunia politik. Ungkapan Kaesang ini membuat ayahnya, Jokowi, dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka kaget.

“Mungkin kemarin malah sing kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Aku ya kaget. Dia secara terbuka kemarin menyampaikan ke saya, ke Bapak, dia ada ketertarikan politik,” kata Gibran di Solo, belum lama ini.

Menurut Gibran, biasanya dalam perkumpulan santai keluarga itu, Kaesang tidak pernah membahas soal politik. Namun saat itu berbeda. Kaesang tiba-tiba mengungkapkan ingin terjun ke dunia politik.

“Iya kan saya baru dengar kemarin. Aku ya kaget. Tenan pora. Bapak ya kaget. Biasanya orang tau ngomongke ngunu kuwi (biasanya tidak pernah membicarakan seperti itu). Aku ya kaget,” ujarnya.

Gibran pun memberi nasihat kepada Kaesang bahwa perlu belajar sebelum terjun ke dunia politik.

Advertisement

Gibran mengatakan, Kaesang mulai tertarik ke dunia politik setelah melihat pembangunan di Kota Solo. Kaesang pun disebut tertarik berkontribusi.

“Dia itu kemarin melihat pembangunan-pembangunan di Solo, perubahan-perubahannya seperti apa,” kata Gibran.

“Ini ternyata bukan masalah ingin tidak ingin tapi masalah kontribusi,” lanjut Wali Kota Solo sejak Februari 2021 ini.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement