Connect with us

News

Parade 20 Pembalap MotoGP, Jalan di Istana Presiden dan Kawasan Thamrin Besok Akan Ditutup

Avatar

Diterbitkan

pada

Para pembalap MotoGP akan melakukan parade di Jakarta. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Ditlantas PMJ) akan menutup jalan saat berlangsungnya parade pembalap MotoGP di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Masyarakat diminta untuk menghindari kawasan Thamrin mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB.Parade MotoGP Indonesia akan dilepas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari depan Istana Presiden.

Tim gabungan kepolisian, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI dikerahkan untuk mengamankan jalannya parade MotoGP jelang rangkaian MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).Sebanyak 500 personel gabungan diturunkan untuk mengamankan jalannya parede tersebut.

Parade pembalap MotoGP ini rencananya diikuti sebanyak 80 peserta. “Rencana akan diikuti kurang lebih sekitar 80 pemotor, 20 dari tim MotoGP dan di belakangnya ada 60 motor dari pabrikan yang ada di Indonesia. Kurang lebih 80 pembalap yang mengikuti parade dari Istana sampai Hotel Kempinski,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Selasa (15/3/2022).

Dijelaskan Sambodo, guna mengamankan jalannya parade ini pihaknya akan melakukan pengamanan berupa penutupan satu arus selama jalannya parade. “Kami akan melakukan pengamanan jalur yang dilewati parade. Mulai dari Istana Negara akan ada penutupan jalur saat rombongan melintas, terutama dari arah utara ke selatan. Sementara dari arah berlawanan tetap berjalan secara normal,” tutur Sambodo.

Advertisement

Pengamanan dan penutupan arus sementara ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penonton yang tiba-tiba masuk ke dalam arena parade. “Supaya jangan ada penonton yang tiba-tiba nyelonong ke tengah. Ataupun menjaga keamanan dari pada para pembalap,” terang Sambodo.

Parade ini digelar dua hari jelang rangkaian MotoGP Indonesia 2022. Ada 20 pebalap yang akan mengikuti parade yang didahului kunjungan ke Istana Merdeka.

Marc Marquez dan 19 pebalap lain akan disambut Presiden Jokowi, dan keluar untuk melepas parade menggunakan motor mengelilingi Jakarta.

“Presiden Jokowi akan menyambut para pebalap di Istana Merdeka. Presiden Jokowi akan bergabung dengan pawai dan berkendara bersama 20 pebalap. Parade unik itu akan dimulai dan berakhir di Istana Merdeka,” sebut pernyataan resmi MotoGP.

Usai serangkaian kegiatan seremoni dan jamuan oleh Presiden Jokowi di Jakarta, para pembalap MotoGP akan langsung bertolak ke Lombok, NTB untuk bersiap mengikuti MotoGP Indonesia. Ajang MotoGP yang digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika ini akan digelar mulai 18-20 Maret 2022. ****

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement