Connect with us

Nusantara

Oknum Petugas Terminal Tirtonadi Yang Terlibat Pungli Diberhentikan

Avatar

Diterbitkan

pada

Tangkapan layar video TikTok oknum petugas Terminal Tirtonadi Solo yang tertangkap kamera melakukan pungli. (Foto : istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Oknum petugas Terminal Tirtonadi Solo yang terekam melakukan pengutan liar (pungli) dan viral di TikTok, akhirnya diberhentikan dari pekerjaannya.

“Perbuatan tersebut tidak bisa ditolerir berapapun besarannya punglinya,” jelas Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jateng dan DIY,  Eko Agus Susanto,  Kamis (30/6/2022).

Apalagi saat ini Terminal Tirtonadi menyandang terminal bebas korupsi. Selain itu Terminal Tirtonadi juga akan maju ke predikat yang lebih tinggi dan bergengsi.

Lebih lanjut Eko mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan timnya, oknum tersebut mengaku baru pertama kali melakukan pungli.

“Menurut keterangan beliau, saat diberi itu dia juga kaget. Tetapi di video itu kan terlihat tidak seperti itu. Kalau dia kaget seharusnya menjauh atau menolak tapi ini kan tidak,” jelasnya lagi.

Advertisement

Oknum petugas Terminal Tirtonadi tersebut menurut Eko baru 1 tahun ini bekerja sebagai tenaga honorer. Setelah melakukan pemeriksaan,  pihaknya menerbitkan SK pemberhentian yang berlaku per hari ini.

“Kejadiannya memang bukan Mei dan kami tahunya juga dari video TikTok itu yang baru kemarin kan diunggahnya. Jadi diproses juga baru bulan Juni ini,” katanya.

Untuk mencegah hal itu tidak terjadi lagi, pihaknya menegaskan saat ini pengawasan justru lebih banyak dilakukan oleh masyarakat dan bukan dari pimpinan.

“Pengawasan dari masyarakat ini yang lebih berat karena zaman sudah berubah, serba IT bisa viral secepat itu dari video yang diunggah,” katanya lagi.

Sementara itu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming mengaku malu dengan kejadian tersebut.  Apalagi masyarakat tahunya ji9ka Terminal Tirtonadi berada di Kota Solo dan dibawah wewenangnya.

Advertisement

“Ya malu, dikiranya orang saya. Tapi tidak apa-apa. Pokoknya warga yang melihat kejadian seperti itu segera laporkan saja tidak perlu takut,” pungkasnya. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement