Home NasionalNusantara Penghijauan Lahan Kritis, Pemprov Kalsel Laksanakan Gerakan Menanam 470 Ribu Pohon

Penghijauan Lahan Kritis, Pemprov Kalsel Laksanakan Gerakan Menanam 470 Ribu Pohon

oleh Dwipraya

Foto: Istimewa

FAKTUALid – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan gerakan menanam 470 ribu pohon di seluruh wilayah Kalimantan Selatan kerja sama dengan Korem 101/Antasari dan seluruh jajarannya.

Pj Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA di Banjarmasin, Jumat (9/7/2021) mengatakan penanaman 470 ribu pohon tersebut sebagai upaya untuk mengurangi lahan kritis yang kini mencapai 511.514 hektare.

Menurut Safrizal, perlu melakukan kolaborasi dengan seluruh pihak terkait untuk mempercepat program revolusi hijau, sehingga target penghijauan lahan kritis bisa dicapai dengan lebih cepat.

“Hari ini total pohon yang ditanam mencapai 470 ribu di seluruh wilayah Kalimantan Selatan, ini dalam rangka memperbaiki kualitas lingkungan kita, dengan kerja keras, kolaborasi maka angka tutupan lahan bisa kita penuhi dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Safrizal ZA.

Menurut dia, pihaknya terus mengikhtiarkan peningkatan kualitas pembangunan sektor kehutanan, antara lain dengan menggaungkan revolusi hijau sejak tahun 2017 melalui kegiatan penanaman satu juta pohon secara terencana.

“Bahkan untuk program Revolusi Hijau mendapat apresiasi Presiden RI Joko Widodo dan Menteri LHK Siti Nurbaya,” katanya.

Melanjutkan program revolusi hijau tersebut, Safrizal telah melakukan gerakan penanaman satu juta pohon di Embung Lok Udat, Banjarbaru pada April 2021 dan dilanjutkan dengan menanam 470 ribu pohonnserentak se Kalimantan Selatan.

“Kalau lahan kritisnya mencapai 500 ribu hektare lebih, sementara target penanaman ditetapkan hanya 32 ribu pertahun, perlu waktu yang cukup lama untuk bisa menghijauhkan kembali lahan kritis, sehingga kolaborasi seperti saat ini sangat penting dilakukan,” katanya.

Disampaikannya, penanaman kali ini pihaknya menggandeng Korem 101 Antasari, Pemda serta Kodim se Kalimantan Selatan.

“Hari ini kolaborasi dengan dengan Korem nanti selanjutnya dengan Polda dan instansi lainnya,” katanya dilansir antaranews.com.

Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Fathimatuzzahra mengatakan, 470 ribu pohon yang ditanam dalam program revolusi hijau ini terdiri atas pohon sengon, trambesi, mahoni dan yang lainya.

“Penanaman serentak ini dipimpim langsung Bapak Pj Gubernur, untuk di daerah dipimpin Bupati Wali Kota,” sebutnya.

Penanaman kali ini dirangkai dengan gowes bersama mengitari kota Banjarmasin.

Hadir di acara itu Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto, Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Firmansyah, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar serta tamu undangan lainnya. ***

Tinggalkan Komentar