Connect with us

Nusantara

Banjir Rendam Ratusan Rumah Di Kabupaten Lumajang

Avatar

Diterbitkan

pada

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati saat memberi bantuan. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Sebanyak 510 rumah warga di 6 desa yang tersebar di 4 kecamatan di Kabupaten Lumajang terendam banjir. Bencana alam itu dipicu oleh hujan deras dengan durasi cukup lama yang melanda kawasan tersebut sejak beberapa hari sebelumnya.

Menurut Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, Wilayah terparah berada di Kecamatan Rowokangkung, yang berimbas pada 409 rumah warga terdampak banjir dengan ketinggian rata-rata 30-80 sentimeter.
“Rowokangkung lama surut, karena wilayahnya rendah dan dekat dengan muara pembuangan ke arah laut,” ujarnya, Rabu (16/3/2022).

Banjir itu awalnya pada Senin (14/3/2022) malam hanya melanda Desa Rowokangkung dan Desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung. Tapi belakangan banjir itu meluas hingga ke Desa Banyu Putih Kecamatan Jatiroto, Desa Darungan di Kecamatan Yosowilangun, Desa Umbul dan Desa Wonorejo wilayah Kecamatan Kedungjajang.

Pihak BPBD meminta warga untuk waspada, karena Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga sudah memperingatkan kemungkinan bencana tersebut. Ketika sore hari, Lumajang akan sering terjadi hujan lebat disertai petir kencang. Jika durasi hujan lama berpotensi air di sungai meluap.

Selain merendam ratusan rumah warga, banjir ini juga merendam ratusan hektar lahan pertanian warga di enam desa tersebut. banjir yang masuk ke dalam rumah juga menyebabkan aktivitas warga terganggu.

Advertisement

Untuk mencegah hal-hal tak diinginkan, beberapa warga terutama yang lansia telah diamankan ke Balai Desa Sidorejo. Sedangkan yang lainnya masih bertahan di rumah.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lumajang juga telah menyiapkan dapur umum yang berada di Balai Desa Sidorejo untuk membantu mencukupi kebutuhan warga selama banjir belum surut. “Dapur umum kita siapkan di balai desa, karena warga tidak bisa memasak,” ujarnya.***

Lanjutkan Membaca