Home Nasional Cara Mengurus STNK Hilang, Praktis dan Mudah

Cara Mengurus STNK Hilang, Praktis dan Mudah

oleh Farhan Zuhdi
cara mengurus stnk hilang

Ilustrasi Mengurus STNK hilang tidaklah sulit (Foto: Istimewa)

FAKTUALidSurat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) merupakan tanda bukti kepemilikan yang sah kendaraan bermotor berdasarkan identitas kepemilikan yang telah terdaftar. Banyak orang yang kehilangan STNK tetapi tidak mau untuk mengurusnya. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara mengurus STNK hilang.

Bagi kamu yang mengalami STNK hilang tidak perlu risau, karena surat tersebut dapat diduplikatkan dan diterbitkan kembali oleh kantor Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat).

Sebelum datang ke kantor Samsat, alangkah baiknya kamu sipakan terlebih dahulu beberapa dokumen terkait kemudian mengikuti prosedur cara mengurus STNK hilang.

Baca juga: Mudah, Cara Bayar Pajak Motor Online Lewat Aplikasi Dari Rumah

Berikut faktualid.com merangkum cara mengurus STNK hilang dilansir dari berbagai sumber

Persyaratan mengurus STNK hilang

Berikut cara mengurus STNK hilang. Persyaratan berlaku bagi semua golongan kendaraan

  1. Formulir permohonan
  2. Laporan Polisi kehilangan STNK
  3. Cek fisik kendaraan yang sudah dilegalisir
  4. Foto copy BPKB dan legalisir dari Leasing
  5. Surat keterangan leasing
  6. Identitas pemilik

Hal yang perlu diperhatikan

Beberapa hal tambahan yang perlu diperhatikan sebagai cara mengurus STNK hilang di atas yaitu:

1. Tidak ada fotokopi STNK

Jika kamu tidak sempat memfotokopi STNK sesaat sebelum hilang, kamu harus datang ke dealer pada saat kamu melakukan transaksi pembelian kendaraan. Di dealer kamu akan mendapat fotokopi tersebut apabila BPKB masih dalam masa tahan karena masih dalam proses kredit, atau bisa juga mendapatkan surat pengantar kehilangan STNK dari dealer.

2. Bayar pajak

Jika kamu belum membayar pajak kendaraan, kamu harus membayar lunas saat pembuatan STNK baru tersebut. Maka dari itu, bayarlah pajak kendaraan secara tepat dan teratur.

Cara Mengurus STNK Hilang

Berikut alur dan cara mengurus stnk hilang dengan mudah

1. Membuat laporan laporan kehilangan STNK di kantor polisi terdekat

Cara mengurus STNK hilang yang pertama, jika STNK hilang, datang dan melapor ke kantor Polsek terdekat. Nanti kamu akan dibuatkan surat keterangan kehilangan, yang nantinya harus dibawa untuk proses pembuatan STNK baru menggantikan STNK yang hilang.

2. Siapkan berkas kelengkapan sebagai persyaratan administratif

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, persyaratan administrative tidak berbeda jauh dengan persyaratan diatas. Berikut dokumen persyaratan sebagai cara mengurus STNK hilang.

  • KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi)
  • Fotokopi STNK yang hilang
  • Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian (Polsek atau Polres setempat)
  • BPKB (asli dan fotokopi)

3. Datang ke Kantor SAMSAT

Jika dokumen untuk melengkapi persyaratan administratif sudah kamu siapkan, selanjutnya kamu datang ke Kantor SAMSAT (Sistem Manunggal Satu Atap) dengan membawa dokumen-dokumen tersebut, yang merupakan tempat penerbitan/pengesahan STNK oleh tiga instansi: Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja.

Baca juga: Dishub DKI: Tarif Parkir Maksimal Kendaraan Masih Sebatas Usulan

4. Cek fisik kendaraan

Cara mengurus STNK hilang selanjutnya adalah mengecek kondisi fisik kendaraan dari STNK tersebut. Saat kamu tiba di kantor samsat, petugas akan mengecek fisik kendaraan seperti warna kendaraan, jenis, model, tipe, dan nomor kendaraan, nomor mesin, dan lain sebagainya.

5. Pastikan kendaraan tidak diblokir

Setelah melakukan cek fisik, cara mengurus STNK selanjutnya dilakukan pengecek oleh petugas Samsat tentang keabsahan dan memastikan bahwa kendaraan kamu masih terdaftar dan tidak diblokir. Selain itu, bisa juga disebabkan ketelatan membayar pajak kendaraan, jika hal itu terjadi kamu harus menyelesaikan terlebih dahulu.

6. Mengurus pembuatan STNK baru

Untuk mengurus pembuatan STNK baru, kamu harus menyerahkan semua berkas kelengkapan dan surat keterangan hilang dari SAMSAT di Loket Bea Balik Nama II.

7. Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Setelah datang ke Loket BBN II, kamu bisa membayar pembuatan STNK baru di kasir yang sudah ditentukan dengan harga yang sudah ditentukan juga.

Menurut peraturan yang tertera pada Penerimaan Negara Bukan Pajak Polri berdasarkan PP No.5 Tahun 2010 untuk kendaraan bermotor roda dua atau angkutan umum akan dikenakan biaya Rp 50.000,00. Sedangkan untuk biaya pembuatan STNK bermotor roda empat atau lebih akan dikenakan biaya Rp 75.000,00.

8. Mengambil STNK baru

Jika sudah membayar semua administrasi di kasir, langkah selanjutnya kamu harus menyerahkan bukti pembayaran di loket pengambilan STNK baru. Tunggu sampai nama kamu dipangggil untuk mendapatkan STNK baru tersebut, dan proses selesai.***

Baca juga: Cara Membuat SKCK Online Beserta Syarat dan Biaya

You may also like

Tinggalkan Komentar